Connect with us

Luar Negeri

Tidak Mau diintervensi,Maduro: Venezuela Berhak Beli Senjata dari Negara Manapun

Published

on

Realitarakyat.com – Presiden Venezuela,Nicolas Maduro mengatakan, Venezuela dapat membeli senjata dari negara mana pun yang ingin menjualnya kepada mereka. Maduro menyebut, Venezuela bahkan bisa membeli senjata dari Amerika Serikat (AS), jika Washington ingin melakukanya.

Berbicara saat melakukan jumpa pers di Caracas, Maduro dimintai komentar soal pernyataan Presiden Kolombia, Ivan Duque, bahwa Venezuela membeli rudal dari Iran. Maduro menegaskan sebagai negara berdaulat, Venezuela bebas untuk membeli senjata dari negara manapun.

“Venezuela dapat membeli peluru, persenjataan, tank, pesawat dan rudal dari negara yang ingin menjualnya, baik itu AS, Kolombia, Iran, Rusia, China, India, dari negara manapun. Venezuela dan Iran memiliki hubungan jangka panjang di banyak sektor,” ucap Maduro, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (29/10/2020).

“Duque mengatakan bahwa Venezuela telah membeli rudal dari Iran dan saya menjawab bahwa ini tidak benar, tetapi bagi saya itu ide yang sangat bagus. Jika perlu, Venezuela akan mempertimbangkan masalah seperti itu,” sambungnya.

Hubungan Bogota dan Caracas sendiri memang memburuk sejak krisis politik terjadi di Venezuela. Di mana, itu semua bermula pada Januari 2019, ketika Juan Guaido secara sepihak menyatakan dirinya sebagai presiden sementara dalam upaya untuk menggulingkan Maduro.

Guaido mendapat dukungan dari AS dan sekutunya di Amerika Latin, termasuk Kolombia. Sementara Maduro mendapatkan dukungan Rusia, China, Turki, dan beberapa negara lain. Maduro menyebut peristiwa di negaranya sebagai upaya kudeta agar AS bisa menguasai sumber daya Venezuela, terutama minyak.

Sejak itu, pemerintahan Donald Trump dan negara-negara Amerika Latin telah memberikan dukungan kepada Guaido, sambil menghukum Caracas dengan serangkaian sanksi. Sanksi paling keras adalah pembekuan rekening negara di Eropa dan pemblokiran aset serta kepentingan minyak, dan perusahaan gas Venezuela, PDVSA dalam yurisdiksi AS.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

PM Israel Bertemu Putra Mahkota Saudi dan Menlu AS di Arab Saudi

Published

on

ist/net
Continue Reading

Luar Negeri

Biden akan Tunjuk Antony Blinken Sebagai Menlu AS

Published

on

ist/net
Continue Reading

Luar Negeri

AS Susun Daftar 89 Perusahaan China yang Terkait dengan Militer

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...