Connect with us

Ekonomi

Dahlan Iskan : BUMN Pasti Pusing dengan Intervensi Politik

Published

on

Realitarakyat.com – Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengatakan, Erick Thohir selaku Menteri BUMN yang sekarang menjabat pasti pusing dengan berbagai intervensi politik dalam pengisian jabatan di perusahaan plat merah. Hal itu diakuinya sendiri berdasarkan pengalamanya saat menjabat dahulu.

“Apakah mungkin BUMN ini tidak diintervensi secara politik? Rasanya tidak mungkin. Karena meskipun ini perusahaan negara. Tapi negara itu kan diaplikasikan pemerintah sepanjang Menteri bumn masih diangkat oleh presiden pasti kan tidak mungkin,” kata Dahlan Iskan , Sabtu, (31/10/2020) malam kemarin.

“Jadi orang seperti Erick tohir juga sangat pusing. Pasti beliau pengennya begini, begini, begini. Tetapi pusingnya juga bukan main,” tambahnya melengkapi.

Bagaimana tidak, menurut Dahlan sosok-sosok yang disebutnya sebagai orang titipan untuk ditempatkan di BUMN akan selalu ada dalam setiap pemerintahan. Bahkan jumlahnya kata dia tak sedikit dan datang dari berbagai pihak.

“Kemudian bahwa ada titipan-titipan, pasti banyak dan pasti jumlahnya luar biasa banyak dan titipan ini tidak hanya dari presiden. Tidak hanya dari wapres. Tidak hanya dari Menteri-menteri. Tetapi juga dari anggota-anggota dpr. Juga dari tokoh- tokoh politik, tokoh- tokoh agama. Banyak sekali,” paparnya.

Meski begitu, Dahlan percaya sosok sekelas Erick Thohir mampu mempertimbangkan keadaan tersebut. Terlebih ada konsekuensi yang menanti pada dirinya sendiri jika ternyata sosok yang dipilihnya justru tak mampu mengelola dengan baik perusahaan aset-aset negara tersebut.

“Jadi kalau direksi betul-betul saya kira tidak bisa dipakai untuk menampung titipan-titipan dan kelas pak Erick tohir saya percaya mempertimbangkan ini. Karena kalau dipakai tempat titipan-titipan kinerjanya jelek yang kena menterinya juga. Jadi saya kira terlalu besar resiko untuk gampang menampung titipan di tingkat direksi terutama perusahaan-perusaan yang disorot publik,” jelasnya.

“Kalau Menteri BUMN menerima titipan. Pasti menerima. Tinggal masalahnya Menteri BUMN-nya tega atau tidak melawan titipan – titipan itu. Saya lihat kalau kelas Erick tohir mampu lah melakukan itu untuk tingkat direksi,” tutupnya.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Dorong UMKM Go Digital, Menkop Tekankan Tiga Hal Ini

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Ketua MPR: Cegah Tingginya Kredit Macet Diperlukan Restrukturisasi

Published

on

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (ist/net)
Continue Reading

DPR

Kunjungi PT TPPI, Komisi VII DPR Soroti Proyek Revamping Kilang

Published

on

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto (ist/net)
Continue Reading
Loading...