Connect with us

DPR

Anggota Komisi II DPR Apresiasi Niatan Jokowi Tingkatkan Kerja Sama dengan AS

Published

on

ist/net

Realitarakyat.com – Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus, mengapresiasi niatan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kerja sama dengan Amerika Serikat (AS) dalam bidang ekonomi, demokrasi dan multilateral, pasca kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS 2020.

“Saya memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi jika memang beliau menyampaikan itu. Saya mendukung ada upaya yang lebih kongkrit membangun kerja sama di bidang-bidang tersebut, termasuk mengenai sistem Pemilu kita,” kata Guspardi, seperti dikutip Parlementaria, Senin (9/11/2020).

Politisi Fraksi PAN ini menilai, kemenangan Biden memang patut menjadi pembelajaran bagi Indonesia dalam demokrasi dan demokratisasi. Biden telah menunjukkan bahwa dirinya adalah sosok yang akomodatif di tengah aspirasi pemilih AS yang multi etnis, agama, dan teritori (negara bagian).

“Ini tentu nilai demokratis yang patut dicatat. Tak heran lebih kurang 80 persen suara pemilih muslim amerika mendukung Biden. Belum lagi suara imigran, dan juga suara pemilih di kantong-kantong suara Donald Trump sebagai petahana. Saya kira kemenangan Biden memang potret dari harapan demokrasi segenap rakyat Amerika,” ujar legislator dapil Sumbar II ini.

Guspardi menyampaikan, kemenangan Biden yang bahkan terjadi di basis dan kantong-kantong suara Trump, patut ditengarai bahwa Pilpres AS tak terganggu oleh penetrasi kekuasaan petahana. “Ini pelajaran berharga bagi kita semua, bagi pemilih, bagi politisi, dan juga bagi penyelenggara Pemilu kita,” ulas Guspardi Gaus.

Ditegaskannya, fakta bahwa Pemilu di Indonesia masih kerap dibayang-bayangi oleh narasi lembaga survey dan quick count adalah hal yang perlu dibenahi. “Pasca kemenangan Biden, ada kesadaran bersama di tanah air Indonesia untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan demokrasi yang jujur dan adil,” ujar Anggota Baleg DPR RI tersebut. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Komisi III DPR RI Setujui Tujuh Calon Anggota Komisi Yudisial yang Diajukan Presiden Jokowi

Published

on

Continue Reading

DPR

Pimpinan Dewan Senayan Minta Paslon Pilkada Tak Terprovokasi Isu yang Bisa Buat Kegaduhan

Published

on

Continue Reading

DPR

Deklarasi Pemerintahan Sementara Papua Hanya Gimik Belaka

Published

on

Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani/Net
Continue Reading
Loading...