Connect with us

Headline

Cegah Radikalisme, Kemenaker Bekali Pekerja Migran Dengan Kurikulum Bela Negara

Published

on

Realitarakyat.com – Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) menggandeng Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk memberikan pembekalan bela negara bagi para calon pekerja migran Indonesia (PMI) untuk mencegah paparan radikalisme sebelum berangkat ke luar negeri.

Upaya itu penting dilakukan mengingat Indonesia sebagai negara pemasok pekerja migran terbesar di Asia harus mulai waspada dengan maraknya ideologi terorisme yang mulai merekrut para PMI.

“Saya harus bergerak cepat, melakukan koordinasi dan memutuskan untuk memberikan wawasan kebangsaan dan ideologi kepada para pekerja migran sebelum berangkat ke luar negeri,” kata Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah dalam keterangan tertulisnya yang diterima Senin,(9/11/2020).

Ida mengaku tidak ingin kecolongan kembali dengan kejadian perekrutan yang dilakukan teroris terhadap PMI, Abdullah Hasyim atau Carsim yang dicurigai oleh pihak Korsel sebagai teroris.

Warga Kabupaten Indramayu itu dinyatakan berangkat ilegal dan pada tahun 2007 dideportasi dari Korsel.

Pekerja di Subang Tewas Masuk Mesin Penggilingan Selain pembekalan bela negara, Kemnaker juga menggencarkan sosialisasi ke desa-desa untuk mencegah pekerja migran Indonesia (PMI) non-prosedural.

Upaya itu sekaligus untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya bekerja di luar negri melalui jalur prosedural.

Sosialisasi tersebut juga bertujuan agar peristiwa kelam di Malaysia pada 2011 kembali terjadi. Ketika itu ada pekerja migran Indonesia (PMI) non-prosedural meninggal kelaparan karena sengaja tidak diberikan makan oleh majikannya.

“Oleh karena itu, penting bagi para calon PMI untuk melewati jalur prosedural yang disediakan oleh kemnaker,” kata Ida Fauziyah. Menurut Ida, Kemnaker terus mengingatkan penempatan calon PMI harus sesuai nilai kemanusiaan.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Pilkada Serentak 2020 Tinggal Hitung Hari, Syarief Hasan: Keputusan Di tangan Rakyat Pilihlah Sesuai Hati

Published

on

Continue Reading

Daerah

Warga Kolhua Bakal Polisikan Direktur PDAM Kabupaten Kupang

Published

on

Continue Reading

DPR

Dasco: Sukses Tidaknya Pelaksanaan Pilkada Bergantung Penerapan Prokes

Published

on

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (ist/net)
Continue Reading
Loading...