Connect with us

Hukum

Jadi Tersangka, Irgan Langsung Ditahan di Rutan Salemba

Published

on

Realitarakyat.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan anggota DPR dari fraksi PPP, Irgan Chairul Mahfiz sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Untuk kepentingan penyidikan, KPK menahan Irgan selama 20 hari ke depan, sampai 30 November 2020, di Rutan Salemba.

“ICM akan ditahan sementara di Rutan Salemba selama 20 hari, terhitung sejak tanggal 11 November 2020 sampai dengan 30 November 2020, di Rutan Salemba Jakarta,” kata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar, saat konferensi pers, Rabu (11/11/2020).

Perkara ini merupakan pengembangan dari perkara dugaan suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah dalam RAPBN Perubahan Tahun Anggaran 2018 yang diawali dengan operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat, 4 Mei 2018 di Jakarta.

“Setelah menemukan bukti permulaan yang cukup, KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ini ke penyidikan pada tanggal 17 April 2020 dan menetapkan tersangka Irgan Chairul Mahfiz (ICM),” kata Lili.

Irgan diduga menerima uang senilai total Rp 100 juta. “Uang tersebut diduga terkait bantuan ICM (Irgan) untuk pengupayakan desk pembahasan di Kementerian Kesehatan atas DAK Bidang Kesehatan APBN tahun anggaran 2018 untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara,” kata Lili.

Dalam kasus ini, KPK sebelumnya telah menetapkan dua tersangka yakni Bupati Labuhanbatu Utara Khairuddin Syah Siregar dan mantan Wakil Bendahara Umum PPP Puji Suhartono.

Adapun kasus ini merupakan pengembangan dari rangkaian kasus suap terkait pengurusan DAK yang berawal dari operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK pada Jumat (4/5/2018). Dalam rangkaian kasus suap terkait pengurusuan DAK ini, terdapat enam tersangka yang divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Kata Polisi, Ada 104 Orang yang Jadi Tersangka Berita Hoaks Covid-19

Published

on

Continue Reading

Hukum

Komnas HAM Minta Millen Cyrus Dipindahkan ke Sel Wanita

Published

on

Continue Reading

Hiburan

Polisi Akui Akan Panggil Kembali Gisel

Published

on

Continue Reading
Loading...