Connect with us

Headline

Jelang Perdamaian Armenia dan Azerbaijan, Rusia Mengerahkan Pasukan Penjaga Perdamaian ke Nagorno-Karabakh

Published

on

Realitarakyat.com– Rusia mengerahkan 2.000 pasukan penjaga perdamaian ke wilayah sengketa Nagorno-Karabakh pada hari Selasa (10/11/2020), setelah Armenia dan Azerbaijan menandatangani pakta untuk mengakhiri pertempuran di wilayah tersebut.

Rusia bermaksud mengirim 1.960 pasukan penjaga perdamaian, 90 pengangkut personel lapis baja, dan 380 kendaraan ke wilayah pegunungan, tempat Azerbaijan memperoleh keuntungan teritorial besar dalam pertempuran sengit selama satu setengah bulan terakhir.

Perjanjian tersebut memicu perayaan di Azerbaijan tetapi kemarahan di Armenia, di mana para demonstran turun ke jalan dan menyerbu gedung-gedung pemerintah untuk mengecam para pemimpin mereka atas kerugian di wilayah tersebut, yang pecah dari Azerbaijan selama perang pada awal 1990-an, seperti dikutip dari Deutsche Welle, Rabu (11/11/2020).

Setelah gencatan senjata, Azerbaijan akan mempertahankan kendali atas daerah-daerah yang direbut dalam pertempuran tersebut, termasuk kota utama Shusha, sementara Armenia menyetujui kerangka waktu untuk mundur dari sebagian besar wilayah tersebut.

Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan menyebut perjanjian itu sebagai “menyakitkan bagi saya dan rakyat kami,” sementara Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan itu sama dengan “penyerahan” oleh Armenia.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Ankara dan Moskow akan bersama-sama mengawasi gencatan senjata di “pusat bersama yang akan ditunjuk oleh Azerbaijan di tanahnya yang diselamatkan dari pendudukan Armenia.”(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

HNW: Jokowi Mestinya Membatalkan Aktifnya Kembali Calling Visa Untuk Israel

Published

on

Continue Reading

DPD

Sultan B. Najamudin: Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pada Pilkada Serentak 2020 Tidak Bisa Ditawar

Published

on

Continue Reading

Headline

Ini Cerita Ngabalin Soal Proses OTT KPK atas Edhy Prabowo di Soetta

Published

on

Ali Mochtar Ngabalin (ist/net)
Continue Reading
Loading...