Connect with us

DPR

Baleg Sebut RUU Ketahanan Keluarga Terlalu Rese

Published

on

My Esti Wijayanti/Net

Realitarakyat.com – Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ketahanan Keluarga menuai kritik dari anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Anggota Baleg DPR Fraksi PDIP My Esti Wijayanti menyebut, RUU Ketahanan Keluarga terlalu rese untuk mencampuri urusan rumah tangga. Baginya, ada hal-hal dalam rumah tangga yang tidak bisa diatur dalam undang-undang.

“Di dalam RUU Ketahanan Keluarga ini, kta juga menjadi suatu bangsa yang kayaknya rese begitu ya. Resenya itu begini, seperti di bab 9 ada peran serta masyarakat, ini semangatnya menjadi kayaknya kok kita mengurusi rumah tangga orang lain, rumah tangga itu mempunyai entitasnya sendiri,” kata Esti dalam rapat Baleg DPR, Kamis (12/11/2020).

“Ada beberapa yang saya menganggap hal ini mengganjal. Bahwa negara seolah-seolah akan mencampuri urusan keluarga sampai ke ranah rumah tangga. Yang di dalam rumah tangga itu terbangun oleh beberapa hal yang mungkin tidak bisa kita undangkan. Di situ ada rasa, ada problematika, cinta, ada toleransi, yang mungkin saja juga di dalam keluarga itu terdiri dari bermacam-macam,” tambahnya.

Esti lalu menceritakan soal kemajemukan keluarganya. Ia khawatir RUU Ketahanan Keluarga justru menimbulkan perpecahan dan ketidaknyamanan dalam keluarga.

“Menantu saya Muslim, saya Katolik, keluarga suami saya Kristen, tetapi itu tidak menjadikan persoalan yang kemudian menjauhkan kami. Tetapi kalau kemudian ada pengaturan-pengaturan yang berlindung kepada penguatan agama, iman, dan takwa, justru kami mempunyai kekhawatiran,” ujar Esti.

Baginya, jika RUU ini disahkan, maka sesuatu yang sudah terbangun di republik bernegara berideologi Pancasila, bisa menimbulkan perpecahan atau bahkan ketidaknyamanan di dalam keluarga atas nama harus satu agama misalnya.

“Karena bicaranya kan harmonis di dalam keluarga, yang saya tangkap di dalam UU ini adalah kemudian harus sama. Ini yang berbahaya,” tukas dia.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Pimpinan DPR Ajak Pemuka Masyarakat Jadi Influencer Atasi Lonjakan Kasus Covid-19

Published

on

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin/Net
Continue Reading

DPR

Kuspek di Akmil, Komisi I DPR: TNI harus Mampu Jawab Tantangan ke Depan

Published

on

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid (ist/net)
Continue Reading

DPR

Pimpinan DPR Dorong TNI-Polri Ciptakan Stabilitas Keamanan di Papua dan Sulteng

Published

on

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin (ist/net)
Continue Reading
Loading...