Connect with us

Politik

KPU Pusat Bakal Revisi Pasal di PKPU

Published

on

Realitarakyat.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat mengaku akan merevisi beberapa pasal dalam rancangan perubahan Peraturan KPU (PKPU).

Demikian dikatakan, Ketua KPU Arief Budiman saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (12/11/2020).

Perubahan itu, di antaranya pada PKPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Ada beberapa pasal yang akan kami revisi atau kami ubah, terutama terkait dengan perubahan-perubahan formulir. Jadi penggunaan dan penamaan formulir itu kami sesuaikan,” kata Arief.

Selanjutnya perubahan juga akan dilakukan pada PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Terkait dengan PKPU yang kedua, tentang rekapitulasi penghitungan suara, kami mengubah beberapa hal terutama terkait dengan tata cara dan kami mengusulkan penggunaan teknologi informasi dalam melakukan proses rekapitulasi,” katanya.

Terakhir, perubahan pada PKPU Nomor 13 Tahun 2018 tentang Pilkada dengan Satu Pasangan Calon. “PKPU tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah dengan satu pasangan calon itu juga akan mengikuti perubahan yang terjadi di dua PKPU sebelumnya,” katanya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Kata Effendi Simbolon, Perpres Pelibatan TNI Tak Perlu Dikonsultasikan ke DPR

Published

on

Effendi Simbolon (ist/net)
Continue Reading

DPR

Komisi II DPR Minta Pemerintah Pastikan Pilkada Aman dari Wabah Covid-19

Published

on

Anggota Komisi II DPR RI Nasir Djamil (ist/net)
Continue Reading

DPR

Pasien Positif Covid Bisa Berikan Suara Dalam Pilkada

Published

on

Anggota Komisi II DPR RI Syamsurizal (ist/net)
Continue Reading
Loading...