Connect with us

DPR

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin : Alat Tangkap Cantrang Ikan Masih Jadi Ancaman Bagi Nelayan

Published

on

Realitarakyat.com – Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin menegaskan, alat penangkapan ikan saat ini harus menggunakan teknologi ramah lingkungan (environmental friendly fishing technology).

Sehingga, terang dia, usaha penangkapan dapat berkelanjutan, sumber daya ikan terjamin kelestariannya, dan kesejahteraan masyarakat nelayan dapat tercapai.

“Perkembangan teknologi penangkapan ikan dengan beberapa alat yang kurang selektif dan merusak lingkungan harus menjadi perhatian kita bersama. Penggunaan alat yang tidak baik dapat mengancam kelestarian SDI dan habitat perairan laut,” kata Sudin, Jumat (13/11/2020).

Politisi PDI-Perjuangan ini mengungkapkan, hingga kini alat tangkap cantrang masih merupakan alat tangkap yang dianggap nelayan skala kecil atau sedang paling efektif dan ekonomis untuk menangkap berbagai jenis komoditi ikan dan udang.

Padahal, cantrang hanya memenuhi tiga dari sembilan indikator FAO. Karena itu, cantrang sebetulnya termasuk ke dalam alat tangkap yang sangat merusak lingkungan.

Selain itu, menurut Sudin, penggunaan alat tangkap cantrang dengan cara ditarik ditengarai dapat menyapu sumber daya perikanan dan merusak lingkungan perairan tempat cantrang dioperasikan.

Permasalahan cantrang yang lain meliputi, permasalahan perizinan yang kurang tertib, praktek IUU fishing, menimbulkan konflik antarnelayan, lemahnya pengawasan dan penegakan hukum, terancamnya kelestarian, dan permasalahan stok ikan yang mulai menurun.

“Hal ini karena penangkapan dengan cantrang akan merugikan nelayan skala kecil baik langsung maupun tidak langsung karena sumberdaya perikanan tersapu bersih sebagai akibat alat tangkap tersebut kurang selektif,” pungkasnya.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Komisi V Harap ‘Fit and Proper Test’ Hasilkan LPJK Andal

Published

on

Syarief Abdullah Alkadrie (ist/net)
Continue Reading

DPR

Jelang Pilkada, Kerawanan Konflik Papua harus Diantisipasi

Published

on

Azis Syamsuddin (ist/net)
Continue Reading

DPR

Pimpinan DPR Optimis Indonesia Mampu Kendalikan Covid-19

Published

on

Azis Syamsuddin (ist/net)
Continue Reading
Loading...