Connect with us

DPR

DPR Klaim RUU Minol Bisa Lindungi Masyarakat

Published

on

Amin Ak/Net

Realitarakyat.com – Badan Legislasi (Baleg) DPR RI saat ini sedang membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang minuman beralkohol. Kendati demikian, banyak pihak yang merasa jika RUU tersebut belum diperlukan.

Namun, menurut anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak, pembahasan RUU Minol harus didorong agar dipercepat penyelesaiannya.

Pasalnya, RUU ini dianggap dapat melindungi masyarakat dari dampak buruk minuman beralkohol.

“Kami akan berupaya mendorong RUU ini agar bisa segera dibahas dan diselesaikan, mengingat dampak negatif dari peredaran minuman beralkohol di masyarakat sangat mengkhawatirkan,” kata Amin dalam keterangannya, Jumat (13/11/2020).

Menurut Amin, saat ini peraturan yang mengatur peredaran minuman beralkohol yang berlaku belum terlalu kuat. Meskipun sudah diatur dalam UU KUHP dan beberapa Peraturan Daerah, namun UU yang spesifik mengatur peredaran minuman beralkohol secara khusus masih belum ada.

“RUU Minuman Beralkohol ini nantinya dapat memperkuat Pemerintah Daerah dalam mengatur peredaran minuman beralkohol di daerahnya, sehingga dapat melindungi masyarakat khususnya remaja dari dampak negatif yang ditimbulkan minuman beralkohol,” ucap Amin.

Amin mengatakan, RUU Minuman Beralkohol yang saat ini sudah masuk dalam agenda pembahasan di Baleg DPR RI akan memuat sejumlah larangan dan pembatasan peredaran minuman beralkohol di Indonesia.

“Tak hanya memperketat jumlah minuman beralkohol yang beredar, jam dan lokasi peredarannya juga akan dibatasi. Hal ini untuk melindungi masyarakat, khususnya anak-anak sekolah agar tidak mudah mendapatkan minuman beralkohol,” ungkapnya.

“Untuk menghilangkan keresahan masyarakat akibat korban minuman beralkohol yang terus bertambah, RUU Minuman Beralkohol harus segera di bahas dan disahkan,” tegas Amin.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Hentikan Kegaduhan Polemik dan Fokus Pada Kesejahteraan Rakyat Papua

Published

on

Continue Reading

DPR

Pimpinan DPR Dukung Program Reforma Agraria Jokowi

Published

on

Continue Reading

DPR

DPR Minta KPU dan Bawaslu Sosialisasikan Pilkada Aman dari Covid

Published

on

Anggota Komisi II DPR Syamsurizal/Ist
Continue Reading
Loading...