Connect with us

DPD

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono Ingatkan Kembali Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat

Published

on

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono kembali mengingatkan masyarakat agar senantiasa konsisten menjaga pola hidup sehat dengan olahraga yang rutin dan teratur. Salah satunya adalah Senam Tera Indonesia. Apalagi saat ini dunia tengah dilanda pandemi Covid-19. Hal itu disampaikannya dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Pentingnya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Melakukan Senam Secara Benar dan Rutin Demi Mencegah Penularan Covid-19 dan Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), di Tiara School Klapanunggal, Bogor, Sabtu (14/11).

“Kesehatan adalah investasi yang sangat mahal. Sehat fisik, sehat psikologis dan sehat sosial. Oleh karena itu mari kita jaga kesehatan dan kebugaran,” jelas Nono dalam sambutannya.

Nono menjelaskan FGD ini merupakan program DPD RI lintas komponen masyarakat dan lintas wilayah. Kegiatan kali ini fokus berdiskusi membahas kesehatan dan kebugaran di masa pandemi Covid-19 yang tengah dialami masyarakat dunia. FGD ini dimaksudkan untuk mendapatkan berbagai informasi yang mendalam dan akurat dari para narasumber yang kompeten di bidangnya dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyakarat.

“Dalam FGD ini kita bahas secara mendalam keutamaan olahraga. Terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Diharapkan¬† kita semua mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan mencegah bertambahnya korban akibat Covid-19,” papar Senator asal Maluku ini.

Di tempat yang sama, narasumber dari Kedeputian III Bidang Pembudayaan
Kemenpora Rita Suprianto menjelaskan tentang sports tourism, sports industry dan sports science. “Kemenpora dalam hal ini membagi tiga kategori olahraga yakni; sports tourism (olahraga dipadu wisata), sports industry (industri olahraga) dan sports science (ilmu pengetahuan olahraga),” papar Suprianto dalam paparannya.

Lebih lanjut Suprianto menjelaskan senam merupakan olahraga rekreasi yang sangat berkembang di tengah masyarakat. Berbagai jenis senam juga dikembangkan Kemenpora. “Kita mengembangkan olahraga senam dengan kategori senam usia dini, senam untuk anak-anak muda, senam lansia dan juga senam kreasi. Banyak juga senam tersebut yang sudah dilombakan di tengah masyarakat. Intinya adalah sehat dan bugar menunjang aktivitas kita semua,” terang Suprianto.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Hayono Isman menegaskan program Indonesia Bugar 2020 diharapkan sukses dan berdampak baik di Indonesia. “Olahraga itu murah, sakit itu mahal. Oleh karena itu kami menggagas Indonesia Bugar 2020,” tutur mantan Menteri Pemuda dan Olahraga.

Hayono menjelaskan olahraga tidak hanya membangun fisik. Ia juga membangun mental. Senam Tera Indonesia tidak hanya membuat masyarakat sehat, tetapi juga membuat masyarakat terbiasa disiplin. “Apalagi sekarang kita berada di tengah pandemi Covid-19. Disiplin masyarakat sangat penting, dalam hal ini disiplin menjaga kesehatan dan kebugaran. Termasuk disiplin melaksanakan 3M; mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak,” papar Hayono lagi.

Selanjutnya Ketua Harian Pengurus Nasional Senam Tera Indonesia Juniwati Masjchun Sofwan menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan sel, sehingga tubuh mampu melakukan regenerasi sel. Salah satu sel yang ada di tubuh manusia adalah sel imunitas yang melawan virus korona penyebab Covid-19.

“Untuk menjaga kemampuan regenerasi sel maka kita perlu menjaga makanan sehat, olahraga yang teratur, mengurangi stres dan istirahat yang cukup,” terangnya. (ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPD

Sultan B. Najamudin: Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pada Pilkada Serentak 2020 Tidak Bisa Ditawar

Published

on

Continue Reading

DPD

PPUU DPD RI APRESIASI DUKUNGAN POLITIK TERHADAP RUU BUM DESA

Published

on

Continue Reading

DPD

DPD RI DAN PARLEMEN KOREA SELATAN PERERAT KERJASAMA BILATERAL

Published

on

Continue Reading
Loading...