Connect with us

Headline

Pompeo Sebut Taiwan Bukan Bagian dari China, Beijing Marah

Published

on

Realitarakyat.com – Beijing meluapkan kemarahannya atas komenter Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo yang menyebut Taiwan bukan bagian dari China.

Beijing bersumpah akan membalas setiap langkah yang merusak kepentingan inti China. Reaksi tersebut disampaikan Kementerian Luar Negerinya yang berbasis di Beijing.

Pompeo membuat komentar yang sensitif itu dalam sebuah wawancara dengan radio AS hari Kamis.”Taiwan bukan bagian dari China,” katanya.

“Itu diakui dengan pekerjaan yang dilakukan pemerintahan (Presiden Ronald) Reagan untuk menjabarkan kebijakan yang telah ditaati Amerika Serikat selama tiga setengah dekade,” katanya lagi.

Amerika Serikat terikat oleh hukum untuk memberi Taiwan sarana untuk mempertahankan diri, dan secara resmi hanya mengakui posisi China bahwa Taiwan adalah bagian darinya, daripada secara eksplisit mengakui klaim China.

Berbicara di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari China dan bahwa Pompeo semakin merusak hubungan China-AS.

“Kami dengan sungguh-sungguh memberi tahu Pompeo dan sejenisnya, bahwa setiap perilaku yang merusak kepentingan inti China dan mengganggu urusan dalam negeri China akan disambut dengan serangan balik yang tegas oleh China,” katanya, tanpa merinci lebih lanjut apa respons nyata Beijing, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (14/11/2020).

China telah menjatuhkan sanksi kepada perusahaan AS yang menjual senjata ke Taiwan, dan menerbangkan jet tempur di dekat pulau itu ketika pejabat senior AS mengunjungi Taipei beberapa bulan lalu.

Pemerintah Republik China melarikan diri ke Taiwan pada tahun 1949 setelah kalah dalam perang saudara dengan pihak komunis, yang kemudian mendirikan Republik Rakyat China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Taiwan, Joanne Ou, berterima kasih kepada Pompeo atas dukungannya.

“Republik China di Taiwan adalah negara yang berdaulat, merdeka, dan bukan bagian dari Republik Rakyat China. Ini fakta dan situasi saat ini,” ujarnya.

Pejabat Taiwan akan melakukan perjalanan ke Washington minggu depan untuk pembicaraan ekonomi, yang juga akan mengganggu Beijing.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Bamsoet Kukuhkan Kepengurusan Perkumpulan Pemilik Izin Khusus Senjata Api Bela Diri Indonesia (PERIKSHA) Pekan Depan

Published

on

Continue Reading

Headline

Hasil Survei DPR Lembaga Paling Korup, Pengamat: Jangan Harap Indonesia Jadi Negara Maju

Published

on

Pengamat Jerry Massie/Net
Continue Reading

Headline

BMKG : Hari 5 Desember, Diprediksi Hujan Merata di Wilayah Jakarta

Published

on

Continue Reading
Loading...