Connect with us

Hukum

Usai Klarifikasi Anies, Polda Metro Bakal Gelar Perkara Kasus Kerumunan Acara Habib Rizieq

Published

on

Realitarakyat.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk klarifikasi kerumunan yang terjadi pada acara Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (14/11/2020) lalu.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat mengaku setelah mendengar klarifikasi pihaknya akan melakukan gelar perkara. Kemudian polisi akan melanjutkan dengan penyidikan untuk menentukan tersangka pada kerumunan acara Habib Rizieq.

“Setelah hasil klarifikasi ini dilakukan dengan beberapa bukti, nanti baru akan dilakukan gelar perkara untuk dinaikkan menjadi penyidikan. Proses penyidikan ini langsung berlangsung, nanti baru menentukan siapa tersangkanya,” katanya di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (17/11/2020).

Tubagus juga menjelaskan apa yang ditanyakan pihaknya kepada Anies. Dia menyebut Anies diminta mengklarifikasi terkait status karantina yang berlaku saat ini di DKI Jakarta.

“Nah, ini kita sudah mulai pada tahap pertama, yaitu klarifikasi, kepada siapa klarifikasi itu dilakukan? Satu kepada pemerintah daerah, untuk apa, untuk bisa menjelaskan status DKI saat ini,” ucapnya.

Dia menyebut polisi juga menanyakan aturan yang berlaku saat karantina wilayah ditetapkan. Jika ada pelanggaran pidana pada kerumunan di acara Habib Rizieq, polisi akan menetapkan tersangka.

“Kalau status DKI saat ini dalam keadaan PSBB, maka ada ketentuan lain. Ketentuan lain ada kekarantinaan, kekarantinaan itu bentuknya macam-macam. Ada karantina rumah, ada karantina rumah sakit, ada karantina wilayah, ada PSBB, itu termasuk pada bagian kekarantinaan,” kata dia.

“Pertanyaannya kepada penyelenggara pementasan bagaimana ketentuannya, ada yang dilanggar tidak dengan acara itu. Kalau memang ada yang dilanggar, telah terjadi pidana. Kalau telah terjadi pidana, akan dilakukan gelar perkara untuk menentukan ada atau tidak adanya pidananya baru, kemudian dinaikkan kepada proses penyidikan,” tukasnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Polisi Bakal Usut Deklarasi Pemerintahan Sementara Papua Barat

Published

on

Continue Reading

Headline

Ferdinand Hutahaean Dipolisikan Putri JK

Published

on

Continue Reading

DPR

DPR Setujui Nama Calon Anggota KY yang Diajukan Jokowi

Published

on

Continue Reading
Loading...