Connect with us

DPR

Besok, DPR Panggil Mendagri dan KPU Bahas Masalah DPT

Published

on

Realitarakyat.com – Komisi II DPR RI akan menggelar rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Kamis (18/11/2020) besok.

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, dalam rapat tersebut akan membahas teknis dan persoalan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada 2020.

“Dua, juga ada hal-hal teknis yang perlu juga dicermati, misalnya soal DPT, terus kemudian soal DPT ini kami besok akan mengundang khusus lagi Kementerian Dalam Negeri, khususnya Dukcapil, dengan KPU dan Bawaslu untuk membahas itu,” ucap Doli kepada wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Lebih jauh, Doli menuturkan, Komisi II juga mendengarkan permasalahan koordinasi yang terjadi antara KPU dengan Bawaslu.

“Kemudian juga tadi misalnya ada koordinasi antara Bawaslu, kemudian KPU di bawah, yang kadang terjadi mispersepsi dan segala macam,” imbuhnya.

Diketahui, Bawaslu menemukan puluhan ribu pemilih untuk Pilkada 2020 tidak memenuhi syarat (TMS) terdaftar dalam daftar pemilih model A-KWK. Sedangkan pemilih yang memenuhi syarat (MS) justru dicoret.

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menduga Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak melakukan sinkronisasi dengan baik antara DPT Pemilu 2019 dan DP4 Pilkada 2020.

Temuan kejanggalan daftar pemilih ini didapat melalui uji petik atau pegujian dokumen daftar pemilih model A-KWK di 312 kecamatan yang tersebar di 27 provinsi.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

DPR Minta Bulog Fokus Pada Ketahanan Pangan

Published

on

Continue Reading

DPR

DPR Setuju Putusan Pemerintah Potong Hari Libur

Published

on

Continue Reading

DPR

Bank Plat Merah Belum Turunkan Suku Bunga Kredit, DPR: Pembayarannya Masih Ditangguhkan

Published

on

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung/Net
Continue Reading
Loading...