Connect with us

DPR

DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Produk Pertanian Dalam Negeri

Published

on

Realitarakyat.com – Ketua Komisi IV DPR RI Sudin menyampaikan pentingnya peningkatan produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan di dalam negeri.

Menurutnya, titik berat pembangunan pertanian di Tanah Air dibuktikan dengan meningkatnya produksi pertanian yang juga dipandang penting untuk daya saing ekspor.

“Kebijakan pembangunan pertanian di Indonesia seyogyanya menitikberatkan pada peningkatan produksi dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan nilai tambah untuk mendukung hilirisasi dan daya saing ekspor dalam mendukung devisa negara,” ujar Sudin saat memimpin rapat dengar pendapat dengan pejabat eselon I Kementerian Pertanian (Kementan), di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (17/10/2020).

Dikatakannya, Peningkatan produksi pangan selalu menjadi isu krusial, karena terkait dengan kebutuhan pangan penduduk Indonesia yang sudah mencapai 258 juta jiwa. Apalagi pertumbuhan penduduknya sebesar 1,49 persen.

“Untuk meningkatkan produksi pangan tentu membutuhkan ketersediaan lahan. saat ini selisih antara alih fungsi lahan dan percetakan lahan baru masih besar, sehingga Ini jadi tantangan sendiri bagi pemerintah khususnya Kementan,” ucap politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.

Lebih lanjut menurutnya, ketersediaan lahan semakin menyempit dan terdegradasi. Ketersediaan benih dan pupuk berkualitas, ketersediaan air, infrastruktur, hingga jaringan distribusi masih jadi masalah yang menyertai selama ini.

“Hal lain yang jadi persoalan mutakhir sektor pertanian adalah lokasi pertanian yang tersebar belum berbasis pada pengembangan kawasan dan spesifik lokasi. Untuk itu, perlu dirumuskan kebijakan khusus pangan yang cermat untuk mengatasi permasalahan yang melatari sektor pertanian,” tandasnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

DPR Sebut Rencana Pemerintah Bentuk Holding BUMN Pangan Terobosan Besar

Published

on

Continue Reading

DPR

Komisi III DPR RI Setujui Tujuh Calon Anggota Komisi Yudisial yang Diajukan Presiden Jokowi

Published

on

Continue Reading

DPR

Pimpinan Dewan Senayan Minta Paslon Pilkada Tak Terprovokasi Isu yang Bisa Buat Kegaduhan

Published

on

Continue Reading
Loading...