Connect with us

Daerah

Kasus Bagi – Bagi Tanah, 29 Pejabat Pemkot Kupang Berpeluang Tersangka

Published

on

Realitarakyat.com – Kasus dugaan korupsi bagi – bagi tanah Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang dengan terdakwa mantan Walikota Kupang, Jonas Salean kini terus bergulir di Pengadilan Tipikor Kupang.

Terhadap 29 penerima tanah dari Jonas Salean yang merupakan pejabat publik belum tentu lepas dari jeratan hukum. Pasalnya, saat ini tim penyidik Tipidsus Kejati NTT tinggal menunggu fakta persidangan di Pengadilan Tipikor Kupang untuk menentukan nasib ke – 29 pejabat publik tersebut.

Kasi Penkum dan Humas Kejati NTT, Abdul Hakim, S. H kepada wartawan, Rabu (18/11/2020) menegaskan bahwa nasib dari ke – 29 pejabat publik yang menerima tanah dari terdakwa Jonas Salean ditentukan berdasarkan hasil persidangan.

Menurut Abdul, jika fakta persidangan menyatakan bahwa ada keterlibatan dari para pejabat publik tersebut, maka dengan sendirinya akan dibawa ke rana hukum guna mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.

“Ya kalau dalam fakta persidangan ada keterlibatan mereka dalam kasus itu, maka mau tidak mau mereka harus bertanggung jawab juga dalam perkara itu,” tegas Abdul.

Disebutkan Abdul, ke – 29 pejabat publik itu diantaranya Direktur RS. S. K. Lerik, Marsiana Halek, Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe, Hermanus Man (Wakil Walikota Kupang), Christian Baitanu (Wakil Ketua DPRD Kota Kupang), Ketua PN Maumere, Jhon Sine.

Namun, lanjut Abdul, untuk ditetapkan sebagai orang yang turut bertanggung jawab dalam perkara itu, tim penyidik Tipidsus Kejati NTT masih menunggu fakta persidangan yang masih bergulir di Pengadilan Tipikor Kupang.

Selain ke – 29 pejabat publik itu, tambah Abdul, 11 anggota keluarga dari terdakwa Jonas Salean berpeluang jadi tersangka jika dalam fakta persidangan terungkap adanya keterlibatan dari 11 penerima tanah yang merupakan anggota keluarga terdakwa Jonas Salean.(rey)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Manusia Silver Semakin Banyak di Kota Bekasi, Ternyata Penghasilannya Ratusan Ribu Per Hari

Published

on

Continue Reading

Daerah

Penyelundup 45 Kg Sabu-sabu Divonis Mati

Published

on

ilustrasi (ist/net)
Continue Reading

Daerah

Diduga Adanya Tekanan, Jaksa Bungkam Soal Pemeriksaan Pemilik Hotel Ayana

Published

on

Continue Reading
Loading...