Connect with us

DPR

Legislatif Minta Pemerintah Segera Buat Pusat Data Terpadu UMKM

Published

on

Realitarakyat.com – Dewan meminta pemerintah segera bentuk Pusat Data Terpadu untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut anggota Komisi VI DPR RI, Marwan Jafar hal ini dalam rangka menahan gempuran impor dalam momentum pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ternyata membuat banyak orang akhirnya menaruh perhatian besar terhadap UMKM. Akan tetapi, perhatian ini belum bisa membawa dampak besar terhadap kemajuan pelaku usaha mikro serta kecil,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/11/2020).

Menurutnya, jika momentum ini tidak dimanfaatkan, maka dikhawatirkan pemberdayaan UMKM bakal jalan di tempat dan berimbas pada makin lemahnya daya saing pengusaha mikro dan kecil menghadapi gempuran barang-barang impor.

“Kasihan para pelaku UMKM jika tidak diperhatikan pemerintah. Mereka bisa jadi korban dari gempuran barang impor,” ungkap Marwan.

Politikus PKB ini menuturkan, sudah saatnya pemerintah memiliki data tunggal UMKM yang memperlihatkan pemetaan pelaku usaha di seluruh daerah. Apalagi pusat data tersebut bisa memudahkan pemerintah dalam melihat tingkat kesehatan usaha masing-masing UMKM di berbagai daerah.

Marwan menyayangkan selama ini pengembangan UMKM masih dilakukan sendiri-sendiri oleh pemerintah pusat, daerah, dan kementerian/lembaga serta pihak swasta. Sampai sekarang pula, lanjutnya, syarat untuk mengajukan izin UMKM itu dinilai masih berbelit-belit.

“Mestinya, pemerintah punya inisiatif untuk menggelindingkan UMKM di daerah-daerah, kerja sama dengan pemda,” ujar Marwan.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Komisi II DPR Minta Penyelenggara Pastikan Pilkada Bebas Penularan Covid-19

Published

on

Arwani Thomafi (ist/net)
Continue Reading

DPR

DPR Minta Pemerintah Tak PHP Soal Pengangkatan Guru Honorer

Published

on

Continue Reading

DPR

DPR Minta BMKG dan Basarnas Persiapan Antisipasi La Nila

Published

on

Continue Reading
Loading...