Connect with us

Luar Negeri

Pendukung Kerajaan Thailand Serukan Tak Ubah Konstitusi

Published

on

ist/net

Realitarakyat.com – Ratusan warga pendukung kerajaan Thailand, dengan mengenakan kaos kuning, berunjuk rasa di luar gedung parlemen negara itu pada Selasa (17/11/2020). Dalam unjuk rasa tersebut, mereka meminta legislator menolak perubahan konstitusi, yang mungkin dilakukan untuk merespons aksi protes anti pemerintah.

“Mengubah konstitusi akan mengarah pada penghapusan monarki,” kata pemimpin pendukung kerajaan, Warong Dechgitvigrom, kepada wartawan di lokasi demonstrasi –beberapa ratus meter dari gedung parlemen yang dijaga dengan barikade beton dan kawat berduri.

Unjuk rasa juga akan dilakukan kemudian oleh massa anti pemerintah yang menuntut mundur Perdana Menteri Prayuth Chan-o-cha, yang merupakan mantan pemimpin militer, serta meminta reformasi untuk membatasi kekuasaan kerajaan.

Parlemen akan membahas sejumlah proposal mengenai bagaimana perubahan konstitusi dapat dilakukan, yang beberapa di antaranya tidak menyertakan kemungkinan perubahan atas perlakuan konstitusi terhadap keluarga Raja Maha Vajiralongkorn.

Ada juga pembahasan mengenai peran Senat, yang sebelumnya dipilih seluruhnya oleh pemerintahan junta Prayuth dan dianggap telah membantunya bisa tetap berkuasa dengan mayoritas pendukung di parlemen setelah pemilu tahun lalu yang menjadi sengketa.

Aksi protes anti pemerintah Thailand sejak Juli lalu ditargetkan pada Prayuth dan amandemen konstitusi, namun kemudian juga menuntut pertanggungjawaban yang lebih jelas atas peran kerajaan di bawah konstitusi.

Terkait tuntutan untuk kerajaan, mereka juga menginginkan perubahan pada sistem yang memberikan kendali personal bagi raja saat ini atas aset kerajaan dan beberapa unit tentara.

“Kami tidak ingin mereka mengubah apa pun pada monarki. Kerajaan adalah surgawi, sedangkan kita berada di neraka, kita berada jauh di bawah mereka, kita harus tahu diri,” ujar Samutprakan Chum (58), seorang pendukung kerajaan. (rtr/ant/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

Ilmuwan Nuklir Iran Dibunuh, Khammeni Siap Balas Dendam

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Sebanyak 400 Ribu Tentara Rusia Akan Disuntik Vaksin COVID-19

Published

on

(ist/net)
Continue Reading

Luar Negeri

Trump Klaim Vaksin Covid-19 Mulai Didistibusikan Pekan Depan

Published

on

Continue Reading
Loading...