Connect with us

Hukum

Sindir Tambahan Struktur Jabatan di KPK, Eks Pimpinan: Boros dan Tidak Efektif

Published

on

Realitarakyat.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengubah struktur organisasinya dengan menambahkan sejumlah posisi yang menjadikan struktur organisasi lebih gemuk dibandingkan sebelumnya.

Penambahan sejumlah posisi di tubuh KPK itu mendapat sindiran dari para mantan pimpinan KPK.

“Saya dan beberapa mantan pimpinan KPK sudah mendiskusikan struktur baru itu dengan sejumlah pegawai KPK. Kami tidak heran dengan struktur yang super gemuk dan terindikasi berlemak itu,” kata eks pimpinan KPK, Busyro Muqodas, kepada wartawan, Rabu (18/11/2020).

Busyro menilai gemuknya struktur organisasi KPK kali ini karena bagian dari master plan pemerintah dan dampak destruktif atas pengesahan revisi UU KPK. Menurutnya, tidak terlihat naskah akademik dan riset akuntabel yang seharusnya menyertai struktur baru tersebut.

“Boros dan membuka job seeker dan tidak efektif dalam menggempur struktur state capture corruption yang semakin sistemik dalam genggaman dominasi oligarki taipan dan oligarki politik. Wujud kepemimpinan topdown komando, karakter independen KPK semakin dikikis,” katanya.

Diketahui, KPK melakukan perubahan dalam struktural organisasi dengan menambah 19 posisi dan jabatan baru.

Perubahan struktur baru KPK diatur dalam Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor 7 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja KPK yang ditandatangani Ketua KPK Firli Bahuri pada 6 November 2020 dan diundangkan pada 11 November 2020.

Perkom tersebut mengganti Perkom Nomor 03 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja KPK.

Lewat Perkom 7/2020, KPK menambah 19 kedeputian, direktorat, atau bidang baru yang tidak ditemukan dalam struktur sebelumnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

DPR Setujui Nama Calon Anggota KY yang Diajukan Jokowi

Published

on

Continue Reading

Hukum

KPK Bakal Jerat Korporasi yang Terlibat di Kasus Edhy Prabowo

Published

on

Continue Reading

Hukum

Usut Kasus Edhy Prabowo, KPK Bakal Libatkan PPATK dan Perbankan

Published

on

Continue Reading
Loading...