Connect with us

DPR

KPK Makin Gemuk, Komisi III DPR Minta Sesuai Tupoksi

Published

on

Realitarakyat.com – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh menyarankan, agar perubahan struktur Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kian gemuk sesuai dengan tupoksi masing-masing, agar tidak terjadi tumpang tindih tugas.

“Haruslah jelas tupoksi masing-masing organ, sehingga terhindar dari adanya kemungkinan tumpang tindih tugas,” kata Pangeran kepada wartawan, Kamis (19/11/2020).

Menurut Pangeran, petinggi KPK baiknya memperhatikan keberadaan Undang-Undang (UU) yang menjadi pijakan hukum atas kegemukan struktur KPK.

Buat politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, perubahan struktur KPK ini harus mengutamakan efisiensi dan kajian yang mendalam.

“Mengutamakan efisiensi, baik dalam pola tindak maupun pembiayaan, serta sesuai dengan kebutuhan yang dilandasi atas kajian yang mendalam, termasuk memperhatikan keberadaan UU yang menjadi pijakan hukum di atasnya,” ucapnya.

Pangeran berharap perubahan struktur KPK melalui lahirnya Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi (Perkom) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja KPK sudah dilakukan melalui kajian yang mendalam. Ini dimaksudkan agar penyelenggaraan aturan dapat berjalan secara maksimal dan efisien.

“Saya berharap lahirnya perkom tersebut benar-benar sudah melalui kajian dan analisis yang detail, sehingga dalam penyelenggaraannya benar-benar efisien dan mampu melaksanakan tugasnya secara maksimal dan andal,” harapnya.

Selain itu, Ketua DPP PAN ini menyarankan agar Dewan Pengawas (Dewas) KPK harus mampu mengawal pelaksanaan tugas dari KPK, karena hal itu sudah diatur dalam aturan.

“Peran Dewas sebagaimana diatur dalam Pasal 37 B UU KPK harus mampu mengawal pelaksanaan tugas KPK ini agar mampu melaksanakan tugasnya secara maksimal,” jelasnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

DPR Setuju Putusan Pemerintah Potong Hari Libur

Published

on

Continue Reading

DPR

Bank Plat Merah Belum Turunkan Suku Bunga Kredit, DPR: Pembayarannya Masih Ditangguhkan

Published

on

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung/Net
Continue Reading

DPR

DPR Setujui Nama Calon Anggota KY yang Diajukan Jokowi

Published

on

Continue Reading
Loading...