Connect with us

DPR

Mendagri Tak Hadir Rapat, PDIP Minta Dewan Ambil Sikap

Published

on

Realitarakyat.com – Tidak hadirnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam rapat bersama Komisi II DPR RI menuai kritik.

Pasalnya, ketidakhadiran Mendagri sangat berpengaruh pada agenda pembahasan data penduduk yang dinilai sangat penting.

Usulan itu pun didukung oleh beberapa Anggota Komisi II. Fraksi PDIP Junimart Girsang meminta Mendagri Tito untuk hadir dalam rapat apapun.

“Wajib mitra itu hadir secara utuh, seperti KPU, Bawaslu juga demikian. Kenapa harus begitu, supaya utuh, hasilnya utuh, bisa kedepan juga berjalan utuh,” kata Anggota Komisi II DPR RI, Junimart Girsang dalam rapat bersama Kemendagri, Bawaslu dan KPU, Kamis (19/11).

“Jadi bertangung jawab kepada semua keputusan, jadi kalau begini terus, kemarin RDP virtual, sementara kita dari rumah bolak balik sudah buru buru,” tambahnya.

Menurut Junimart, masalah data kependudukan ini dibutuhkan oleh Pemerintah dan penyelenggara Pemilu. Untuk itu, ketidakhadiran Mendagri dalam rapat bersama DPR RI ini harus diinfokan terlebih dahulu, bukan secara tiba-tiba.

“Yang perlu siapa sekarang, pemerintah atau DPR, pembatalan juga jangan tiba-tiba, terus terang Pak Menteri tidak hadir, saya tidak hadir hari ini, nggak hadir saya,” jelasnya.

Atas dasar itu, Junimart tegaskan Komisi II DPR harus mengambil sikap atas masalah ini, agar tidak terjadi penundaan rapat bersama dalam membahas masalah krusial, seperti data penduduk.

“Jangan begini terus, saya harap terhitung mulai pagi ini kita harus ambil sikap komisi II, kalau tidak lengkap ditunda, jangan kita bolak-balik gini,” tutup Junimart.

Sebelumnya, Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia menyayangkan sikap Mendagri yang tidak menghadiri rapat tersebut. Padahal, persoalan yang akan dibahas bersama, kata Doli menjadi masalah yang terjadi setiap tahun.

“Ini sekali lagi problem akut nggak selesai selesai tiap tahun. Tapi sayang pak menteri tiba tiba beri informasi sejam lalu tidak bisa hadir, jadi saya minta pendapat dari bapak bapak dan ibu ibu,” katanya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Hentikan Kegaduhan Polemik dan Fokus Pada Kesejahteraan Rakyat Papua

Published

on

Continue Reading

DPR

Pimpinan DPR Dukung Program Reforma Agraria Jokowi

Published

on

Continue Reading

DPR

DPR Minta KPU dan Bawaslu Sosialisasikan Pilkada Aman dari Covid

Published

on

Anggota Komisi II DPR Syamsurizal/Ist
Continue Reading
Loading...