Connect with us

Luar Negeri

Vietnam Negosiasi Pengaturan Koridor Perjalanan dengan Indonesia

Published

on

ist/net

Realitarakyat.com – Pemerintah Vietnam dan Indonesia masih bernegosiasi tentang pengaturan koridor perjalanan untuk mendorong kegiatan ekonomi selama pandemi COVID-19.

“Selangkah demi selangkah, kita menegosiasikan koridor perjalanan bilateral,” kata Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang dalam diskusi virtual, Rabu (18/11/2020).

Selain koridor perjalanan bilateral, Quang juga menyambut baik kesepakatan penyusunan koridor perjalanan (TCA) oleh 10 negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang dideklarasikan pada konferensi tingkat tinggi blok tersebut pekan lalu.

“Kerangka koridor perjalanan ASEAN akan menciptakan peluang bagi pelaku bisnis dan investor dalam konteks COVID-19,” ujar dia.

Quang melanjutkan, bahwa pemerintah Vietnam akan terus mendorong peningkatan kerja sama perdagangan, investasi, dan pariwisata guna membantu pemulihan ekonomi kedua negara yang terdampak pandemi global tersebut.

Sejalan dengan pemerintah Vietnam, Duta Besar RI Ibnu Hadi menggarisbawahi pentingnya dimulainya kembali penerbangan internasional dan pengaturan koridor perjalanan antara kedua negara.

Pasalnya, pandemi telah menyebabkan penurunan drastis pada jumlah kunjungan wisatawan serta nilai perdagangan antara kedua negara.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan RI, total perdagangan antara Indonesia dan Vietnam pada periode Januari-September 2020 turun 13,87 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Namun, Indonesia mencatat kenaikan surplus perdagangan sebesar 29,88 persen dari 867,5 juta dolar AS menjadi 1,1 miliar dolar AS.

Ekspor Indonesia ke Vietnam juga menurun 8,73 persen menjadi 3,3 miliar dolar AS pada periode yang sama.

Negosiasi koridor perjalanan yang dilakukan kedua negara mendapat dukungan dari pelaku usaha penerbangan, salah satunya Vietnam Airlines.

Sebagai perwakilan dari kalangan bisnis, maskapai tersebut mengikuti kebijakan kedua negara yang berkaitan dengan pandemi, termasuk larangan kunjungan wisata bagi pelancong dari luar negeri.

“Tetapi kedua negara sedang membicarakan koridor perjalanan untuk (kegiatan) bisnis, kami berharap kedua negara bisa membuka koridor perjalanan secepatnya,” kata General Manager Vietnam Airlines untuk Indonesia Nguyen Minh Toan. (ndi/ant)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

PM Israel Bertemu Putra Mahkota Saudi dan Menlu AS di Arab Saudi

Published

on

ist/net
Continue Reading

Luar Negeri

Biden akan Tunjuk Antony Blinken Sebagai Menlu AS

Published

on

ist/net
Continue Reading

Luar Negeri

AS Susun Daftar 89 Perusahaan China yang Terkait dengan Militer

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...