Connect with us

Metropolitan

Wagub DKI Klaim Baliho Habib Rizieq Dicopot yang Langgar Aturan Saja

Published

on

Realitarakyat.com – Baliho dan spanduk yang dicopot oleh Satpol PP DKI dan aparat TNI/Polri adalah yang melanggar aturan saja.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria menanggapi penurunan baliho bergambar wajah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang sedang gencar dilakukan aparat, di Balai Kota, Gambir, Jumat (20/11/2020).

“Siapapun yang ada di Kota Jakarta yang tidak sesuai dengan peruntukannya, titik-titiknya pasti akan ditertibkan,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Politikus Gerindra itu mengaku, tidak ada yang salah dengan aksi penurunan baliho yang melanggar peraturan itu. Kata dia, baliho liar yang terpasang di sejumlah titik di Jakarta hanya membuat rusak pemandangan kota.

“Itu sudah kewajiban Satpol PP menjaga ketentraman kenyamanan dan ketertiban. Jadi Jakarta ini harus dijaga indah,” katanya lagi.

Riza mengaku, Satpol PP DKI Jakarta rutin melakukan penertiban pada baliho yang melanggar peraturan. Jadi penurunan paksa itu tidak hanya menyasar baliho bergambar wajah Rizieq Shihab.

Atribut partai politik yang kerap dipasang di sembarang tempat juga sering ditertibkan pihaknya.

“Secara rutin satpol PP itu membantu menertibkan spanduk baliho bendera termasuk atribut partai juga yang sudah tidak sesuai itu pasti diturunkan,” ucapnya.

Pemasangan baliho di ruang-ruang publik di Jakarta tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Reklame.

Dalam pasal 13 poin 1, disebutkan pemasangan baliho atau reklame harus mendapat izin tertulis dari Gubernur atau pejabat yang ditunjuk.

Lalu pada poin 2 disebutkan, setiap pemanfaatan titik reklame pada sarana dan prasarana kota dikenakan sewa titik reklame.

“Sudah ada ketentuan aturannya di mana saja yang dibolehkan baliho, ada bendera ada spanduk reklame ada aturan ketentuan. Itu sudah diatur jalur-jalur di mana diperbolehkan dan mana yang tidak diperbolehkan,” tuntasnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

BMKG : Prakiraan Cuaca Hari Ini Jumat 4 Desember 2020, Jakarta Diguyur Hujan Siang Malam

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Pertambahan Kasus COVID-19 di Jakarta pada Rabu Sebanyak 1.166

Published

on

Ilustrasi (ist/net)
Continue Reading

Headline

BMKG : Hari Ini Jakarta Nerpotensi Hujan Dan Petir

Published

on

Continue Reading
Loading...