Connect with us

Politik

Soal Bubarkan FPI, PKB: Pesan untuk Tak Ganggu Stabilitas Keamanan Negara

Published

on

Realitarakyat.com – Pernyataan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman soal ‘bubarkan FPI’ menjadi sorotan publik banyak.

Menurut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding, pernyataan Pangdam Jaya itu merupakan pesan agar FPI tidak mengganggu stabilitas keamanan negara.

“Jadi, Pangdam ini bicara soal pembubaran FPI itu saya kira suatu pesan bahwa janganlah FPI ini melakukan tindakan-tindakan yang arahnya mengganggu stabilitas (keamanan negara) seperti apa yang dilakukan Habib Rizieq dalam banyak ceramahnya,” ujar Karding kepada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Anggota Komisi I DPR ini menilai dalam isi ceramah Habib Rizieq Syihab (HRS) dapat berdampak pada perpecahan antara kelompok bangsa. Ia pun menduga pernyataan Mayjen Dudung berkaitan dengan hal itu.

“Selain itu berdampak pada persatuan, perpecahan antar kelompok bangsa. Juga ada dugaan bahwa ada ancaman provokasi di dalamnya. Nah ini tentu akan riskan. Jadi saya menduga pernyataan Pangdam itu dalam konteks pesan untuk itu,” ucapnya.

Selain itu, Karding menilai sudah ada aturan yang mengatur pembubaran ormas, termasuk FPI. Ia mengatakan FPI tidak bisa dibubarkan selama FPI masih berpegang pada Pancasila dan UUD 1945.

“Namun dalam konteks pembubaran FPI, tentu itu sudah ada aturannya. Aturannya UU ormas dan sebagainya. Nah sepanjang mereka tidak melanggar aturan untuk UU dan aturan turunannya itu maka, dan sepanjang masih berpegang pada Pancasila dan UUD NKRI, itu tidak bisa dibubarkan. Tetapi nanti proses hukum di pengadilan yang bisa membubarkan itu,” tuturnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

PKB Sebut Menaker Ida Kondisinya Stabil dan Jalani Isolasi Mandiri di Rumahnya

Published

on

Continue Reading

Headline

Golkar Minta Pengajuan Kenaikan Tunjangan DPRD DKI Ditunda

Published

on

Continue Reading

Nasional

Edhy Kecewakan Prabowo yang Angkat Dirinya dari Selokan

Published

on

Continue Reading
Loading...