Connect with us

Luar Negeri

Ada Perjanjian Tukar Kepala Dibalik Pembebasan Eks Menhan Meksiko

Published

on

Realitarakyat.com – Amerika Serikat (AS) secara mengejutkan mencabut dakwaan pengedaran narkotika terhadap mantan menteri pertahan (menhan) Meksiko. Sebuah laporan terbaru mengungkapkan jika pencabutan dakwaan itu berdasarkan sebuah kesepakatan yang melibatkan perburuan terhadap seorang bos kartel narkoba.

Sebuah sumber di Meksiko mengatakan Mexico City berjanji untuk menangkap seorang pemimpin kartel tingkat tinggi berdasarkan kesepakatan dengan Jaksa Agung AS William Barr.

AS telah mencabut kasus terhadap pensiunan Jenderal Salvador Cienfuegos minggu ini dengan alasan pertimbangan kebijakan luar negeri yang “sensitif dan penting” yang melebihi ketertarikan untuk mengejar dakwaan tersebut.

“Sebagai imbalannya, Meksiko secara pribadi mengatakan kepada Barr bahwa mereka akan bekerja dengan Amerika Serikat untuk menangkap pemimpin kartel tingkat tinggi yang terlibat dalam perdagangan fentanil opioid sintetis dalam jumlah besar,” kata sumber itu seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (21/11/2020).

Reuters tidak dapat mengetahui kartel mana yang menjadi sasaran Meksiko dan pejabat AS. Sumber tersebut menolak memberikan nama apa pun dengan alasan takut membahayakan penyelidikan.

Belum pernah dilaporkan sebelumnya bahwa Barr tertarik untuk menangkap seorang pemimpin kartel senior sebagai imbalan untuk membebaskan Cienfuegos.

Sumber itu, bersama dengan pejabat senior pemerintah lainnya, mengatakan Barr pertama kali mengajukan gagasan untuk mencabut dakwaan terhadap Cienfuegos melalui panggilan telepon dengan Ebrard pada awal November.

Sumber tersebut mengatakan bahwa ide tersebut berasal dari Barr, dan awalnya bukan merupakan permintaan dari Meksiko.

“Meksiko berkomitmen untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam mencapai tujuan utama,” kata sumber itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya agar dapat berbicara dengan bebas.

Terkait laporan itu, juru bicara Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard, Daniel Millan mengatakan: “Apa yang kami sepakati adalah untuk mempertahankan front persatuan melawan kejahatan dan kerja sama yang menghormati kedaulatan setiap negara.”

Ia mengatakan tidak memiliki informasi mengenai kesepakatan tentang penangkapan tingkat tinggi.

Millan juga mengatakan Meksiko meminta agar dakwaan itu dicabut, tetapi tidak dapat memastikan kapan, atau apakah permintaan itu terjadi sebelum panggilan telepon 6 November dengan Barr.

Ebrard sendiri minggu ini mengkonfirmasi dua pembicaraan telepon dengan Barr, satu pada Oktober dan satu pada 6 November.

“Proposal berasal dari Jaksa Agung Barr, selama panggilan telepon November,” kata sumber itu, merujuk pada gagasan untuk membatalkan dakwaan dan komitmen untuk menangkap seorang pemimpin kartel senior.

Seorang juru bicara Departemen Kehakiman AS menolak berkomentar dan merujuk Reuters ke pernyataan sebelumnya yang mengatakan kasus itu dibatalkan sebagai tanda kepercayaan pada keadilan Meksiko dan karena pertimbangan diplomatik.

Ditanya tentang apakah Barr telah mengusulkan ke Meksiko untuk mencabut dakwaan, bukan sebaliknya, juru bicara Departemen Kehakiman mengatakan dia tidak dapat mengomentari kontak dengan pemerintah asing mengenai masalah investigasi.

AS menerbangkan Cienfuegos kembali ke Meksiko pada Rabu, setelah hakim federal AS mencabut dakwaan terhadapnya atas permintaan Barr. Berdasarkan perjanjian tersebut, dia sekarang akan diperiksa di Meksiko.

Pemerintah Meksiko, yang sempat marah karena tidak diperingatkan sebelumnya tentang penyelidikan tersebut, memuji kembalinya Cienfuegos sebagai pencapaian diplomatik dan kemenangan untuk kedaulatan negara.

Ebrard dan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador membantah spekulasi bahwa keputusan untuk mengembalikannya terkait dengan penolakan Lopez Obrador untuk mengakui Presiden terpilih Joe Biden sebagai pemenang pemilihan presiden AS. Obrador menilai apa yang dilakukan adalah sebuah langkah yang bijaksana secara politik.

Pemerintah Meksiko belum mengklarifikasi bagaimana rencana untuk membawa Cienfuegos kembali ke Meksiko terjadi, atau ketika ia meminta kepulangannya.

Keputusan untuk membebaskan pejabat pertahanan Meksiko paling senior yang pernah didakwa di AS dengan kolusi kartel berujung dengan kemarahan dari mantan agen DEA yang mengatakan AS memiliki kasus yang cukup kuat untuk menjerat Cienfuegos.

Penangkapan Cienfuegos di Bandar Udara Internasional Los Angeles pada bulan Oktober adalah hasil dari investigasi bertahun-tahun yang menggunakan penyadapan untuk melacak sosok militer, yang dijuluki “El Padrino” oleh para pedagang manusia.

Penyelidik menyimpulkan “El Padrino” atau The Godfather, adalah Cienfuegos dan dia membantu kartel memindahkan berton-ton narkotika.

DEA tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait kesepakatan untuk menangkap seorang tokoh kartel. Reuters tidak dapat menetapkan rincian kesepakatan tersebut.

Setelah AS tahun lalu menjatuhkan hukuman terhadap Joaquin “El Chapo” Guzman, pemimpin kartel Sinaloa yang paling terkenal, fokus penegakan hukum AS dan Meksiko beralih ke Kartel Generasi Baru Jalisco, serta yang lainnya. Termasuk Geng Sinaloa.

DEA mengatakan kedua kelompok itu kemungkinan adalah kelompok perdagangan utama narkoba yang bertanggung jawab menyelundupkan fentanil ke AS.

Fentanyl adalah opioid sintetis kuat yang sering dicampur di pasar gelap dengan heroin atau obat penghilang rasa sakit farmasi palsu. Narkoba ini adalah penyebab utama kematian akibat overdosis di AS.

Sementara pemerintahan Presiden AS yang akan keluar Donald Trump berjanji untuk melemahkan kartel Meksiko, tidak ada penangkapan profil tinggi dalam empat tahun terakhir sebelum penangkapan Cienfuegos ketika ia melakukan perjalanan ke AS untuk berlibur.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

Sekjen ASEAN Tekankan Pentingnya Peran Media Selama Pandemi

Published

on

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) Lim Jock Hoi (ist/net)
Continue Reading

Luar Negeri

Malaysia Catat 2.188 Kasus Baru COVID-19

Published

on

Dirjen Kesehatan Kementerian Kesehatan Malaysia, Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah (ist/net)
Continue Reading

Luar Negeri

Vietnam Sebut ASEAN Tak Terseret Konflik AS-China

Published

on

Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Quoc Dzung (ist/net)
Continue Reading
Loading...