Connect with us

Daerah

Saksi Mengaku Diberikan Tanah Oleh Terdakwa Jonas Salean

Published

on

Realitarakyat.com – Pengadilan Tipikor Kupang kembali menggelar sidang kasus dugaan korupsi bagi – bagi tanah Pemerintah Kota Kupang Tahun 2016 – 2017 senilai Rp. 66 miliar.

Sidang dengan agenda pemeriksaan saksi ini dipimpin oleh majelis hakim, Dju Jhonson Mira Mangngi, S. H, MH didampingi hakim anggota, Ari Prabowo dan Ibnu Kholiq. Turut hadir terdakwa, Jonas Salean didampingi kuasa hukumnya, Dr. Yanto MP. Ekon, S. H, MH dan Dr. Mel Ndaomanu, S. H, MH cs. Serta, turut hadir JPU, Herry C. Franklin, Hendrik Tiip dan Emerensiana Jehamat.

Kali ini JPU Kejati NTT menghadirkan Mantan Kabag Tatapem Kota Kupang, Yanuar Dalli. Dalam persidangan saksi mengaku bahwa dirinya juga mendapatkan bagian berupa tanah dari Jonas Salean (Walikota Kupang saat itu).

Saat itu, kata saksi, Jonas Salean mengatakan bahwa karena saudara lelah dalam kerja maka anda mendapatkan bagian tanah didepan sasando.

“Nama kamu saya masukan karena capai jadi dapat bagian juga dan saya dapat 500 M2,” kata saksi Yanuar Dalli.

Dijelaskan Saksi, bahwa dirinya dipanggil oleh terdakwa Jonas Salean (walikota kupang saat itu) dan diungkapkan oleh terdakwa sendiri.

Ditegaskan Saksi, terkait dengan tanah yang diperoleh dari terdakwa Jonas Salean seluas 500 M2 telah dibuatkan sertifikat oleh dirinya sendiri atas nama Yanuar Dalli.

Dalam keterangan saksi juga mengakui bahwa tanah itu masih tercatat sebagai aset Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang berupa sertifikat hak pakai Nomor 5 Tahun 1981.

Ditambahkan saksi, tanah didepan sasando menjadi temuan BPK Perwakilan NTT. Saat itu, sesuai rekomendasi BPK Perwakilan NTT agar tanah tersebut segera dikembalikan karena telah menyalahi aturan.

Menurut saksi, sesuai rekomendasi BPK perwakilan NTT tanah tersebut tidak boleh dibagikan kepada keluarga ataupun yang memiliki hubungan darah karena masuk dalam gratifikasi.

Terkait dengan cara untuk memperoleh tanah itu, lanjut saksi, dirinya tidak mengajukan permohonan untuk mendapatkan tanah hanya diberikan kepada dirinya saja dengan alasan lelah bekerja sehingga diberikan oleh terdakwa Jonas Salean.(rey)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Jabar dapat Pasokan Seribu Ekor Sapi dari NTB

Published

on

ilustrasi (ist/net)
Continue Reading

Daerah

Pemprov NTT Bantu Tangani Corona di Kota Kupang

Published

on

Continue Reading

Daerah

PPKM Diperpanjang, Pemkab Madiun Tingkatkan Disiplin Prokes Masyarakat

Published

on

Continue Reading
Loading...