Connect with us

DPR

Empat Fraksi DPR Tolak RUU HIP Masuk Prolegnas 2021

Published

on

Realitarakyat.com – Polemik RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) tak ujung tuntas dibahas oleh DPR RI. Pasalnya, empat fraksi menolak RUU tersebut masuk ke dalam daftar Prolegnas Prioritas 2021.

Keempat fraksi tersebut yaitu Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Anggota Baleg Fraksi PPP Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan, RUU HIP mengundang pro dan kontra di masyarakat, sehingga perlu ditinjau ulang.

“Karena membuat pro-kontra di masyarakat dan kemudian yang kami baca secara di media drafnya berbeda dengan apa yang disampaikan DPR dan pemerintah, memang kita perlu meninjau ulang HIP ini,” jelasnya saat rapat di Baleg DPR, Jakarta, Selasa (24/11/2020)..

Kemudian, Anggota Fraksi PAN Zainuddin Maliki mengatakan, pemerintah perlu merespon terkait RUU HIP yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

“Karena munculnya RUU ini telah menimbulkan kegaduhan dan kita tidak ingin RUU ini menimbulkan kegaduhan baru. Sudah terlalu banyak kegaduhan yang kita hadapi di negeri ini, oleh karena itu kita tidak ingin munculnya RUU HIP ini menimbulkan kegaduhan baru,” jelasnya.

Anggota Fraksi PKS Ledia Hanifa Amaliah mempertanyakan pernyataan pemerintah dan pimpinan DPR yang menyebut pembahasan RUU HIP dihentikan, tetapi sekarang akan dilanjutkan kembali.

“Kami mempertanyakan berkaitan dengan karena ada pernyataan yang kami juga terima di media tanggal 5 Juli 2020 bahwa pemerintah menolak HIP kemudian juga 16 Juli 2020 ketua DPR dan Wakil Ketua DPR Bu Puan dan Pak Azis bahwa pembahasan tentang HIP dihentikan. Sehingga kalau sudah demikian, posisinya masak kita masih akan terus melanjutkan,” papar Ledia.

Sementara itu, Anggota Fraksi Golkar Firman Soebagyo menuturkan, jika RUU HIP masih seperti yang lama, Fraksi Golkar menolak.

“Golkar ingin dengar perubahannya seperti apa? Fundamental tidak? Kalau masih seperti yang lalu, Golkar belum sepakat dengan RUU HIP masuk Prolegnas 2021,” papar Firman.

Diketahui, RUU tentang Pembinaan Haluan Ideologi Pancasila (judul RUU berubah menjadi RUU tentang Haluan Ideologi Pancasila) merupakan usulan Baleg DPR RI, masuk Prolegnas Prioritas 2021.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

DPR Minta Ada Alih Teknologi Dari Pemasok Vaksin Covid

Published

on

Continue Reading

DPR

Dewan Minta Pemerintah Beri Kemudahan Bantuan Pada Pelaku UMKM

Published

on

Continue Reading

DPR

Ketua Komisi VIII DPR Positif Covid 19

Published

on

Continue Reading
Loading...