Connect with us

Politik

Gerindra Sebut Sosok Kapolri Tak Ditentukan Latar Belakang Tertentu

Published

on

Realitarakyat.com – Sosok Kapolri pengganti Jenderal Azis yang akan pensiun pada Januari 2021, tidak ditentukan dengan latar belakang tertentu.

Demikian dikatakan, anggota Komisi III DPR RI, Habiburokman saat dihubungi, Selasa (24/11/2020).

“Tidak ada aturan Kapolri harus kelompok tertentu, sepanjang memenuhi syarat, sipapun dia berhak untuk menjadi Kapolri,” ujar Habiburokhman.

Menurut politikus Gerindra ini, semua warga negara mempunyai hak yang sama untuk duduk di posisi pemerintahan, itu hak konstitusi dan sekaligus hak asasi manusia.

“Acuan kami (Komisi III) bukan latar belakang agamanya, tapi kemampuannnya.Pak Sigit orang baik dan saya tahu betul beliau orang yang adil,” tukasnya.

Untuk diketahui, syarat Kapolri sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang 2 Tahun 2002 tentang Polri tidak mensyaratkan Kapolri harus beragama tertentu.

Pasal 11 UU 2/2002 menyatakan bahwa Kapolri diangkat dan diberhentikan oleh presiden dengan persetujuan DPR RI. Di pasal yang terdiri dari delapan ayat itu pun tidak mensyaratkan agama yang harus dianut oleh seorang calon Kapolri.

Pasal 11 ayat (6) hanya menyatakan bahwa calon Kapolri adalah Pati Polri yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier.

Lebih lanjut, pencalonan seorang Pati Polri menjadi calon Kapolri harus dilakukan dengan mempertimbangkan Komisi Kepolisian Nasional. Hal itu diwajibkan berdasarkan Pasal 6 Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2017 tentang Kompolnas.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, PDIP: Harus Ada Sanksi Tegas ke Sekolah dan Guru

Published

on

Continue Reading

Headline

Ultah Ke 74 Tahun, Semua Kader PDIP Doakan Megawati Sehat Dan Panjang Umur

Published

on

Continue Reading

Politik

PAN Minta Mantan Anggota DPRD NTB yang Cabuli Putri Kandungnya Dihukum Berat

Published

on

Continue Reading
Loading...