Connect with us

Headline

Kata Pangdam Jaya, Orang Beragama Belum Tentu Pancasilais

Published

on

Realitarakyat.com – Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman mengatakan orang yang beragama belum tentu Pancasilais. Tapi, kata Dudung, orang yang Pancasilais sudah pasti beragama.

Dudung awalnya berbicara mengenai hukum atraktif, yaitu tentang kebaikan yang akan dibalas kebaikan. Dudung kemudian menyinggung hukum karma dalam istilah masyarakat Bali. Setelah itu, barulah dia menyebut soal orang yang beragama belum tentu Pancasialis.

“Kalau orang Hindu, orang Bali, itu istilahnya ada namanya hukum karma, jadi akan dibalas bukan di akhirat, tetapi akan dibalas di dunia. Kemudian orang yang beragama itu belum tentu Pancasilais, tetapi orang yang Pancasilais sudah pasti dia beragama,” ungkap Dudung di Markas Kodam Jaya Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur, Rabu (25/11/2020).

“Karena ada juga dia merasa beragama, tapi persatuan dan kesatuan dia tidak junjung tinggi, ada orang merasa beragama, tetapi kemanusiaan yang adil dan beradab juga dia junjung tinggi,” imbuhnya.

Dudung juga menyebut ada orang yang merasa ingin benar sendiri dan membuat aturan semaunya. Dudung kembali menegaskan bahwa Pancasila merupakan perekat untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ada juga orang yang beragama kemanusiaan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan dia tidak ingin bermufakat dan sebagainya, merasa ingin benarnya sendiri, aturannya aturan sendiri,” tuturnya.

“Ingat bahwa Pancasila itu adalah kesepakatan bersama, kesepakatan bersama yang diambil dari kultur budaya bangsa Indonesia yang kemudian melahirkan sebuah Pancasila, maka Pancasila ini adalah sebagai perekat kehidupan berbangsa dan bernegara,” tukas Dudung.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Kata Pengacara, Habib Rizieq Lebih Menikmati Ditahan di Rutan Bareskrim

Published

on

Continue Reading

Headline

Si Jago Merah Amuk Rumah Warga di Cakung

Published

on

Continue Reading

Headline

Waduh, Zaky Vokalis Band Kapten Dicokok Polisi Karena Pakai Sabu

Published

on

Continue Reading
Loading...