Connect with us

Kesehatan

Pasien Bergejala Covid Bisa Jalani Isolasi Minimal 10 Hari

Published

on

Realitarakyat.com – Dirjen Yankes Kemenkes, Abdul Kadir mengatakan, pasien bergejala Covid-19 bisa menjalani isolasi selama 10 hari sejak diagnosis.

Hal ini dikatakannya, memaparkan penjelasan buku panduan revisi ke-V soal pasien Corona yang diungkapkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat rapat dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (24/11/2020).

“Konfirmasi positif tapi tak bergejala maka dilakukan isolasi mandiri atau isolasi di RS darurat terpusat yang disiapkan pemerintah lalu isolasi dilakukan minimal 10 hari sejak diagnosis. Kemudian dianggap sembuh tanpa follow up PCR itu begitu untuk yang tak bergejala,” ucapnya dalam rapat di Komisi IX DPR RI.

Kadir juga menjelaskan, untuk pasien yang bergejala ringan sampai sedang juga harus menjalani isolasi selama 10 hari di RS rujukan atau tempat yang disiapkan pemerintah. Kemudian, jika pasien itu tak bergejala demam atau gangguan pernafasan akan ditambah 3 hari waktu isolasi sebelum bisa dinyatakan keluar isolasi.

“Ini juga diisolasi mandiri di tempat yang disiapkan pemerintah atau di RS rujukan, lalu isolasi dilakukan minimal 10 hari sejak muncul gejala tambah 3 hari bebas demam dan gejala pernafasan, jadi setelah gejala ringan ditambah 3 hari maka ini juga dianggap sembuh tanpa follow up PCR,” ujarnya.

Selanjutnya untuk pasien Corona bergejala berat, wajib diisolasi di ICU RS selama 10 hari sejak muncul gejala. Selanjutnya, jika pasien itu sudah tidak demam dan tak ada kendala pernafasan, serta mendapat PCR dengan hasil negatif, maka akan ditambah 3 hari sebelum bisa dinyatakan keluar isolasi.

“Kemudian untuk mereka yang terkonfirmasi positif dengan gejala berat maka harus di isolasi di RS apakah ICU atau Re-rujukan dengan isolasi minimal 10 hari seiak muncul gejala ditambah 3 hari bebas demam dan gejala pernafasan dan dilakukan follow up dengan sekali minimal pemeriksaan PCR negatif,” imbuhnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Pasien COVID-19 Sembuh di Wisma Atlet Berjumlah 3.297 Orang

Published

on

(ist/net)
Continue Reading

Kesehatan

Laporan Data Corona Daerah Kerap Telat, Satgas COVID-19 Akui Sistem Belum Sempurna

Published

on

jubir Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito (ist/net)
Continue Reading

Kesehatan

Australia Cari Info Soal Kematian 23 Warga Norwegia Setelah Disuntik Vaksin Pfizer

Published

on

ilustrasi (ist/net)
Continue Reading
Loading...