Connect with us

DPR

Politisi Golkar Minta Pemerintah Percepat Pembebasan Lahan Tol Probowangi

Published

on

Singgih Januratmoko (ist/net)

Realitarakyat.com – Anggota Komisi VI DPR RI Singgih Januratmoko menilai masih ada kendala dalam proyek pembangunan Tol Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi (Probowangi) di Provinsi Jawa Timur.

Ada tiga sesi dalam proyek pembangunan Tol Probowangi, sedangkan saat ini proses pembangunan sesi pertama jalan tol sepanjang 172 kilometer itu baru berjalan 20 persen.

“Sesi pertama baru berjalan mendekati 20 persen, kemudian sesi kedua baru 7 persen sedangkan sesi ketiga belum berjalan. Intinya memang ada kendala pembebasan lahan, ini seharusnya dibantu pemerintah pusat, daerah dan kabupaten. Semua harus cepat memproses pembebasan lahan tersebut agar proyek ini cepat selesai,” terang Singgih saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI ke Pasuruan, Jatim, Senin (23/11/2020).

Politisi Fraksi Partai Golkar itu mendapati informasi bahwa kendala yang berikutnya adalah masalah pandemi. Pandemi saat ini juga sangat berpengaruh sekali, terutama terkait likuiditas perusahaan, nantinya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus bisa men-support Jasa Marga yang mengalami masalah pada perbankan.

“Target tahun 2021 itu untuk sesi pertama, tapi saya yakin ini akan mundur karena masalah pembebasan lahan dan likuiditas. Saya harap ini cepat ada solusinya, karena nantinya tol ini akan terhubung dari tol Jawa Barat sampai ke Jawa Timur. Jadi jika ada wisatawan bertujuan ke Bali bisa melalui jalur darat ini, untuk menjadi alternatif,” jelas Singgih.

Dalam pertemuan yang digelar di Taman Dayu Pasuruan itu, jajaran Direksi PT. Jasa Marga juga menyampaikan permintaan dukungan dari DPR RI dan pemerintah pusat, daerah maupun kabupaten agar pembangunan jalan tol tersebut cepat selesai. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Dewan Susulkan Vaksin Mandiri jadi Alternatif Pemerintah Tuntaskan Vaksinasi Covid

Published

on

Continue Reading

DPR

Kapal China Masuk Perairan Indonesia, Sukamta Minta Kapal Asing Itu Ditenggelamkan

Published

on

Continue Reading

DPR

Soal Faksi di Polri, Komisi III Setuju Jika Hal Itu Jadi Atensi Utama Calon Kapolri Listyo Sigit

Published

on

Continue Reading
Loading...