Connect with us

Luar Negeri

Sekjen ASEAN Tekankan Pentingnya Peran Media Selama Pandemi

Published

on

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) Lim Jock Hoi (ist/net)

Realitarakyat.com – Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) Lim Jock Hoi menekankan pentingnya peran media dan jurnalis dalam membangun opini publik dan memberantas informasi salah selama pandemi COVID-19.

“Pandemi (COVID-19) ini telah menunjukkan, lebih dari sebelumnya, peran penting jurnalis dan editor dalam menjalankan jurnalisme yang bertanggung jawab dengan memberantas informasi yang salah yang dapat menyebabkan kebingungan dan kepanikan di masyarakat,” kata Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi.

Pernyataan itu disampaikan Sekjen ASEAN dalam pidatonya saat membuka Forum Media ASEAN yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa (24/11/2020).

Dia mengatakan bahwa peran media dan jurnalis sangatlah penting dalam menyediakan informasi dan mendidik masyarakat ASEAN di tengah banyaknya informasi selama masa pandemi.

“Karena itu, kami bergantung pada anda (media) dalam membantu kami menginformasikan, mendidik, dan memberdayakan masyarakat ASEAN,” ujar dia.

Lim Jock Hoi lebih lanjut mengatakan bahwa peran media sebagai penggerak perubahan sangat penting dalam mewujudkan integrasi ASEAN dan agenda pembangunan komunitas ASEAN.

“Narasi-narasi yang diusung oleh media berkontribusi dalam pembentukan opini publik, terutama dalam pembentukan keyakinan dan sikap atas upaya berkelanjutan kita dalam meningkatkan kualitas hidup dan penghidupan di kawasan ASEAN,” kata Sekjen ASEAN itu.

Pandemi COVID-19, menurut dia, terbukti menjadi tantangan paling merugikan bagi ASEAN sejak Krisis Keuangan Asia.

“Namun, terlepas dari tantangan-tantangan tersebut, pandemi ini juga telah memberikan ASEAN kesempatan untuk memperdalam keamanan dan persatuan kawasan, khususnya melalui kerja sama yang lebih luas di berbagai tingkatan, termasuk lembaga pemerintah, industri bisnis dan sektor swasta, serta pemangku kepentingan terkait seperti media,” ujarnya. (ant/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Polisi Rusia Tahan 1.500 Demonstran Yang Menuntut Pembebasan Tokoh Oposisi Alexei Navalny

Published

on

Continue Reading

Headline

Kapal Perang AS Siap Jadi Pengawal Kapal Induk Inggris di Laut China Selatan

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Sidang Pemakzulan Donald Trump Digelar 8 Februari

Published

on

Continue Reading
Loading...