Connect with us

Politik

Kata Jazilul, Calon Kapolri Harus Punya Aspek Kedekatan dengan Presiden

Published

on

Jazilul Fawaid/Net

Realitarakyat.com – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada Januari 2021 mendatang. Sejumlah nama juga ikut bermunculan.

Anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid merasa jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memiliki nama untuk menjadi tribrata satu pengganti Idham.

“Saya yakin, calon Kapolri pak Jokowi sudah ada stoknya,” kata Jazilul dalam diskusi ‘Siapa Calon Kapolri Pilihan Jokowi’ di Media Center DPR, Senayan, Kamis (26/11/2020).

Menurut Politikus PKB ini, sebenarnya ada 15 nama yang bisa masuk dalam bursa Kapolri. Hal ini bisa dilihat dari kepangkatan dan jenjang karirnya.

“Kalau mau dilihat dari undang-undangkan, calon Kapolri harus perwira tinggi yang masih aktif. Lalu juga memperhatikan jejak karir dan kepangkatannya. Jika dikecilkan ya paling ada 15 nama,” jelasnya.

Sementara, terkait nama yang paling pas untuk menjadi Kapolri, Jazilul enggan mengungkap lebih jauh. Menurut Wakil Ketua MPR RI ini, orang yang pantas menjadi Kapolri yang memiliki kedekatan dan bisa harmoni dengan arah kebijakan pembangunan presiden.

“Untuk siapa yang paling pas, yang memiliki kedekatan dengan Pak Jokowi. Jadi yang punya kedekatan dan harmonisasi dengan Presiden langsung,” ungkapnya.

Menimbang kondisi aktual bahwa Indonesia tengah berada dalam situasi pandemi dimana perekonomian nasional juga menurun, lanjut Jazilul, dibutuhkan Kapolri yang matang dan bijaksana.

“Cepat dan tepat dalam bertindak mengatasi segala potensi gangguan keamanan dan ketertiban. Sebab kunci dari pembangunanan adalah keamanan dan ketertiban,” tandas Jazilul.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Cak Imin Minta Jokowi Segera Ganti Mendikbud Nadiem Makarim

Published

on

Continue Reading

Politik

Tak Ada Fraksi Menolak, Pengamat: Peluang DPR Loloskan Komjen Listyo Jadi Kapolri Besar

Published

on

Continue Reading

Politik

PDIP Apresiasi Kerja Tim Evakuasi Sriwijaya Air SJ182

Published

on

Continue Reading
Loading...