Connect with us

Politik

Kompolnas Akui Miliki Empat Kriteria Calon Kapolri Pengganti Idham

Published

on

Realitarakyat.com – Kapolri Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada Januari 2021 mendatang. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) pun mengaku memiliki empat kriteria calon pengganti Idham.

Menurut anggota Kompolnas, Yusuf Warsyim, kriteria pertama calon Kapolri yang baik yakni harus bisa mencapai sasaran strategis.

“Untuk bisa mencapainya ada kriteria strategis yang harus digali di tengah masyarakat. Bisa digali melalui opini masyarakat juga meminta pendapat para purnawiran mantan Kapolri lalu selaraskan satu konsep misalnya Kepolisian yang strategis,” kata dia dalam diskusi ‘Siapa Kapolri Calon Kapolri Pilihan Jokowi’ di Gedung DPR RI, Jakarta (Kamis, 26/11/2020).

Kedua, lanjut Yusuf, calon Kapolri yang baik bisa melakukan tugas sesuai kehendak hukum. Artinya, jika ada yang melanggar hukum maka dapat ditindak tegas.

“Yang ketiga, calon Kapolri harus transparan dan akuntabilitas,” sambungnya.

Kriteria ke empat, masih kata Yusuf, calon Kapolri harus bisa menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM). Juga melaksanakan perlindungan ekonomi sosial dan budaya.

“Dalam konteks ini adalah bagaimana peran Polri mencapai sasaran strategis yang berbasis pada pelayanan. Polri harus dekat dengan masyarakat,” jelasnya.

Yusuf menambahkan, Kompolnas juga mempertimbangkan perjalanan karir calon Kapolri yang akan diusulkan ke Presiden Jokowi.

“Oleh karena itu ini harus kita jadikan pendekatan selain dari kriteria-kriteria yang saya sebutkan tadi. Selain dari jenjang kepangkatan dan karir yang ketiga tentu terkait dengan pengumpulan bahan informasi melalui pendapat pandangan masyarakat dan di lingkungan Polri sendiri,” terangnya.

“Setiap Kapolri memiliki tantangan dan zamannya sendiri. Oleh karena itu calon Kapolri yang diusulkan kepada Presiden melalui Kompolnas tidak bisa meninggalkan tantangan zamannya yang kedua tidak mengecewakan nantinya,” tandas Yusuf.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Cornelis: Pemerintah Harus Lebih Tanggap Sikapi Bencana

Published

on

Continue Reading

Headline

Ada Oknum Kepala Daerah “Palak” Honorer, PDIP Minta Mendagri Awasi Ketat

Published

on

Continue Reading

Politik

Golkar Senayan Minta Polri Turunkan Tim Dokkes ke Wilayah Bencana

Published

on

Continue Reading
Loading...