Connect with us

Headline

Dirjen GTK : Guru Honorer Dibantu Belajar Agar Lolos PPPK

Published

on

Realitarakyat.com – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Iwan Syahril meyakini para guru honorer akan lolos seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), lantaran sebanyak satu juta formasi di buka pada tahun 2021 mendatang.

“Kami optimis untuk guru-guru honorer saat ini bisa lulus seleksi tersebut,” kata Iwan saat dihubungi Jumat (27/11/2020).

Terlebih, lanjut Iwan, seleksi PPPK memberikan tiga kali kesempatan bagi para peserta untuk bisa lolos seleksi. Menurut Iwan, hal itu sebagai bentuk keadilan guna meningkatkan kesejahteraan guru honorer di Indonesia.

Tidak hanya itu, para guru honorer yang ikut seleksi juga akan dimodali materi belajar dari Kemendikbud sehingga membantu guru honorer dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi PPPK.

“Kan ada kesempatan maksimal tiga kali, harapan kita ini pendekatan bukan hanya seleksi tapi juga untuk belajar, kalau ada kekurangan ini bisa belajar lagi, supaya di termin kedua itu bisa lebih baik lagi. Itu mungkin bisa dilihat kekurangannya dan bisa jadi refleksi di tahap dua dan tahap tiga,” ujar Iwan.

Jika para guru honorer tidak lolos seleksi tahap pertama, maka Iwan meminta guru belajar kembali agar kembali mengikuti serta lolos pada seleksi tahap kedua.

Lebih lanjut, Iwan mengakui mencari satu juta guru bukan persoalan mudah. Oleh karena itu, pihaknya menggandeng Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) menyetorkan kebutuhan formasi guru di wilayahnya masing-masing.

“Kita harap sesegera mungkin (pemda memberi informasi soal formasi guru yang dibutuhkan), karena ini adalah keseimbangan antara tata kelola,” katanya.

Namun, jika memang guru honorer tersebut masih belum bisa lolos, dia menyebut status guru honorer tak akan hilang. Untuk kemudian diharapkan kembali mendaftar saat formasi dibuka kembali.

“Karena tujuan kita memang ingin mendorong guru honorer untuk jadi PPPK,” tandasnya.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Marwan Dasopang Minta Mensos Tri Risma SegeraPenuhi Kabutuhan Korban banjir dan Gempa Bumi

Published

on

Continue Reading

Headline

Ada Apa Ya..? Jelang Fit and Proper Tes Calon Kapolri di DPR, Sigit Temui 5 Mantan Kapolri

Published

on

Continue Reading

Headline

Prajurit Marinir TNI AL Turun Tangan Bantu Tangani Banjir Kalimantan Selatan

Published

on

Continue Reading
Loading...