Connect with us

Hukum

DPR Desak Aparat Usut Tuntas Pembakaran Gereja di Sigi

Published

on

Realitarakyat.com – Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengutuk keras aksi pembunuhan sadis yang menimpa satu keluarga di Dusun Lewono, Desa Lembantongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), baru-baru ini. Ia pun mendesak agar kasus tersebut segera diusut tuntas.

“Saya prihatin dengan kejadian ini dan mengutuk keras kebiadaban para pelaku aksi teror yang tidak hanya melakukan pembunuhan atas satu keluarga, tetapi juga membakar sejumlah rumah di mana ada di antaranya merupakan rumah yang dijadikan tempat pelayanan umat Kristiani,” ujar Herman dalam keterangannya, Sabtu (28/11/2020).

Herman juga mendesak Kapolda Sulteng Irjen Abdul Rakhman Baso mengusut tuntas kejadian tersebut. Ia meminta semua orang yang terlibat kasus pembunuhan itu harus bertanggung jawab secara hukum.

Politikus PDI Perjuangan itu juga meminta pihak kepolisian untuk segera memastikan apakah ada keterlibatan teroris lokal dalam kasus tersebut. Ia mengatakan aparat negara tidak boleh kalah dari oknum yang berupaya merusak ketenteraman di masyarakat.

“Aparat kepolisian harus memastikan kebenaran apakah kejahatan biadab ini memang dilakukan oleh teroris lokal sebagaimana kabar yang beredar. Jika memang demikian, artinya aparat yang berwenang memiliki tugas tambahan untuk membebaskan masyarakat setempat dari ketakutan akan adanya sisa-sisa kombatan teroris lokal tersebut,” ucap Herman.

“Saya meminta aparat secara profesional segera melakukan tindakan yang dianggap perlu demi mengembalikan keamanan di daerah tersebut. Negara tidak boleh kalah dari siapapun yang mencoba-coba merusak ketenteraman dan kerukunan masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Herman berharap masyarakat tidak ikut terpancing kabar yang beredar di media sosial. Ia mengimbau masyarakat mempercayakan pengusutan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

“Selain itu, saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk tidak terpancing dengan kabar-kabar di media sosial. Serahkan sepenuhnya penuntasan kasus ini kepada pihak yang berwajib,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa satu keluarga di Kabupaten Sigi, Sulteng, dibunuh oleh orang tak dikenal (OTK) beredar di media sosial. Pembunuhan itu juga disebut dibarengi pembakaran rumah dan gereja di sekitar lokasi kejadian.

Dari informasi yang diperoleh, peristiwa itu terjadi pada Jumat (27/11) sekitar pukul 10.00 Wita. Empat anggota keluarga itu ditemukan tewas mengenaskan di sekitar rumahnya.

Kapolda Sulteng Irjen Abd. Rakhman Baso pun mengungkapkan keterlibatan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) dalam peristiwa keji tersebut, berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Jadi dari hasil olah TKP serta keterangan saksi bahwa aksi sadis yang menyebabkan 4 orang warga Kecamatan Palolo tewas dilakukan oleh kelompok sipil bersenjata MIT,” kata Kapolda Sulteng Irjen Abd. Rakhman Baso

Namun, dia menegaskan tidak ada gereja yang dibakar dalam peristiwa itu.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Wakapolri Gatot Dukung Putusan Jokowi Usung Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri

Published

on

Continue Reading

Headline

Kata Pengacara, Habib Rizieq Lebih Menikmati Ditahan di Rutan Bareskrim

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kejaksaan Tinggi NTT Ajukan Izin Penahanan Bupati Mabar ke Mendagri

Published

on

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dulla (ist/net)
Continue Reading
Loading...