Connect with us

DPR

DPR Prihatin Atas Tingginya Angka Stunting di Indonesia

Published

on

Anggota Komisi IX DPR RI Yahya Zaini (ist/net)

Realitarakyat.com – Anggota Komisi IX DPR RI Yahya Zaini mengaku miris terhadap tingginya angka stunting di Indonesia. Mengingat, predikatnya berada di nomor tiga dunia, dan nomor satu di Asia Tenggara. Padahal, katanya, Indonesia memiliki sumber daya alam yang cukup memadai.

Terkait dengan itu, dia meminta pemerintah melakukan edukasi dan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terkait pencegahan stunting.

Dia mengatakan hal itu, saat mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI dengan Gubernur Lampung, di Bandar Lampung, Kamis (26/11/2020).

Dalam kesempatan itu, Yahya menyerukan agar para orangtua diberi pendidikan yang memadai bagaimana harus memberi asupan gizi yang baik pada anak-anaknya. Sumber-sumber protein dan karbohidrat melimpah di Tanah Air.

“Dalam hal prevalansi stunting, predikat Indonesia nomor 3 di dunia dan nomor 1 di Asia Tenggara. Padahal, negara kita ini kaya sumber daya alam. Karbohidrat kita banyak, begitu juga protein nabati maupun hewani. Ada daging ayam, kambing, sapi, dan ikan,” ungkap politisi Partai Golkar itu.

Dia melihat, tingkat kesadaran masyarakat masih rendah. Sementara ia semdiri mengapresiasi Pemerintah Provinsi Lampung yang mampu menekan angka stunting hingga 27 persen, di bawah angka nasional (30 persen). “Saya kira ini prestasi yang baik,” aku legislator Jawa Timur VIII ini.

Seperti diketahui sepuluh kementerian ikut bersinergi memberantas angka stunting nasional. Ia berharap, dengan aksi nyata pemerintah ini, akan menghilangkan angka stunting sepuluh tahun yang akan datang.

Stunting sendiri adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak terutama tubuh dan otaknya akibat kekurangan gizi dalam waktu lama. Sehingga, anak lebih pendek dan keterlambatan dalam berpikir. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Ketua Komisi VIII DPR Positif Covid 19

Published

on

Continue Reading

DPR

Kata Dede Yusuf, Aturan Pakaian Murid Hanya Sopan dan Rapih

Published

on

Continue Reading

DPR

Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab di SMKN 2 Padang, Komisi X DPR: Ini Sikap Intoleran

Published

on

Continue Reading
Loading...