Connect with us

Hukum

Kata KPK, Penangkapan Edhy Murni Tindak Pidana Korupsi Bukan Politik

Published

on

Realitarakyat.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah jika penangkapan terhadap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo berkaitan dengan politik.

Menurut Ketua KPK, Firli Bahuri, kasus yang menjerat mantan politikus Gerindra itu murni tindak pidana korupsi.

“Kasus yang terjadi di KKP tentu adalah tindak pidana korupsi murni, nggak ada kaitannya dengan politik. Jadi jangan kita diajak masuk ke dalam ranah politik,” kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Sabtu (28/11/2020).

Firli mengatakan perkara korupsi Edhy Prabowo merupakan kasus yang sifatnya perseorangan. Sekalipun, kata dia, yang terjerat dari pengurus partai politik.

“Kalaupun ada orang-orang yang terlibat dan dia merupakan pengurus partai, tapi terkait kasus tindak pidana adalah berlaku orang per orang,” ujar Firli.

Firli menjelaskan seseorang yang terlibat dalam tindak pidana akan dilihat pemenuhan unsurnya berdasarkan konsep hukum. Sebab, kata Firli, tidak ada peristiwa pidana yang terjadi tanpa adanya perbuatan, begitu juga sebaliknya.

“Karena sesungguhnya konsep hukum, barang siapa itu adalah setiap orang yang kita minta apakah perbuatan yang dilakukan kalau betul ada perbuatan yang dilakukan, apakah perbuatan tersebut memenuhi unsur sengaja atau lalai,” jelasnya.

“Selanjutnya apakah memenuhi syarat sifat melawan hukum, jadi kita fokus kepada perbuatan. Karena nggak ada peristiwa pidana tanpa ada perbuatan dan tidak ada perbuatan tanpa orang,” tukas Firli.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Diperiksa KPK, Bupati Banggai Laut Dicecar Soal Uang Suap Dipakai Ikut Pilkada

Published

on

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (ist/net)
Continue Reading

Headline

Kantornya Digeledah Kejagung, Ini Respon BPJS Ketenagakerjaan

Published

on

Continue Reading

Hukum

Buat Resah, Kristen Gray Dideportasi Imigrasi

Published

on

Continue Reading
Loading...