Connect with us

DPR

Kata BKSAP, Diplomasi-diplomasi Parlemen Selama Pandemi Dilakukan Virtual

Published

on

Realitarakyat.com – Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyampaikan bahwa selama pandemi Covid-19, DPR RI telah memaksimalkan peran diplomasi parlemen melalui pertemuan dan konferensi-konferensi secara virtual. Selain itu, tema-tema yang diusung juga sesuai dengan kebutuhan Indonesia.

“Tema-tema yang kita usung seperti tentang penanganan Covid-19, tentang alat pelindung diri (APD), tentang vaksin dan lainnya. Itu beberapa yang kita usung saat pertemuan dan konferensi yang kita hadiri selama pandemi ini,” ungkap Fadli Zon usai kegiatan BKSAP Day di Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (28/11/2020).

Lebih lanjut, Fadli sampaikan, hasil dari peran diplomasi parlemen inilah yang akan disampaikan ke pemerintah dengan memberikan pertimbangan-pertimbangan apa saja yang telah dilakukan oleh negara-negara lain terkait dengan vaksin maupun terkait penanganan pandemi Covid-19.

“Kita juga memantau perkembangan penanganan Covid-19, vaksin di negara-negara lain melalui parlemennya maupun organisasi-organisasi internasional lainnya. Informasi-informasi yang kita dapat inilah yang nantinya disampaikan ke pemerintah sebagai pertimbangan-pertimbangan,” ungkapnya.

Fadli juga jelaskan dalam situasi pandemi seperti saat ini, kerja-kerja diplomasi parlemen tak pernah berhenti. Tentu saja dalam sisi interaksi dekat, personal dan lobi-lobi intensif hal tersebut akan relatif mengalami pengurangan, tetapi dari sisi pendalaman isu internasional dan aktivitas diplomasi, BKSAP terus aktif melaksanakan kegiatan meski dilakukan virtual.

“Segala aktivitas diplomasi parlemen secara virtual guna menopang upaya pendalaman isu, pengkajian dan penyiapan rekomendasi mengenai prospek kerja sama antar parlemen ke depan, khususnya nanti pada masa pasca-pandemi,” tutupnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Gali Informasi tentang Calon Kapolri dari Kompolnas, Sudirta: Komjen Listyo Sigit Tak Perlu Diragukan Lagi

Published

on

Continue Reading

DPR

Komisi III Tanyakan Rekam Jejak Komjen Listyo Sigit ke Kompolnas

Published

on

Continue Reading

DPR

Dewan Desak Pemerintah Angkat Tenaga Honorer Jadi PNS

Published

on

Continue Reading
Loading...