Connect with us

Headline

Menko Polhukam Minta Habib Rizieq Kooperatif Atas Panggilan Kepolisian

Published

on

Realitarakyat.com – Pemerintah terus menggenjot upaya pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment) selain upaya pencegahan 3M. Pelaksanaan 3T dilaksanakan oleh Petugas kesehatan yang dapat mengakses informasi dan data pasien maupun kontak eratnya dalam rangka mencegah terjadinya penularan.

Dalam hal ini, Menko Polhukam Mahfud MD sempat menyesalkan sikap HRS yang tidak kooperatif dan menghindari adanya penelusuran kontak. Pemerintah melakukan ini sebab besar kemungkinan HRS dapat tertular Covid-19 akibat adanya kerumunan massa beberapa hari lalu.

“Kami meminta sekali lagi kepada masyarakat luas, siapapun itu, untuk kooperatif sehingga penangangan Covid-19 berhasil,” kata Menko Polhukam Mahfud MD dalam keterangan pers di Graha BNPB Jakarta, Minggu (29/11/2020).

Terkait identitas pasien, dalam keadaan wabah penyakit menular saat ini, lanjut Mahfud, Kementerian Kesehatan bisa mengecualikan kerahasiaan pasien sesuai dengan Permenkes Nomor 36 tahun 2012 tentang Rahasia Kedokteran.

“Pembukaan rahasia kedokteran dalam rangka kepentingan umum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan tanpa membuka identitas pasien. –> b. ancaman Kejadian Luar Biasa/wabah penyakit menular,” tegasnya.

“Apabila Kemkes dan BSSN tidak mau membuka data pasien meskipun ada pengecualiaan di atas. Maka, Satgas bisa menggunakan hukum UU Bencana sehingga data pasien bisa dibuka,” jelas Mahfud.

Sebelumnya diberitakan, Pemimpin ormas Front Pembela Islam atau FPI Habib Rizieq Shihab melakukan pemeriksaan swab test di RS Ummi Bogor.

Namu, belum keluar hasil pemeriksaan tersebut, HRS keluar dari Rumah Sakit Ummi Bogor atas permintaan sendiri pada Sabtu malam.

Sementara itu, pihak RS Ummi Bogor tidak mai bertanggung jawab bila terjadi sesuatu pada HRS.

Pihak RS juga menyebutkan, tidak akan menutupi hasil tes swab Rizieq dan sempat mengedukasi ke Rizieq Shihab agar tetap di rumah sakit karena hasil pemeriksaan yang belum keluar.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Ketua Komisi VIII DPR Positif Covid 19

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Sandiaga Uno Janji Akan Tingkatkan Kolaborasi dengan Dekranasda Batam Perkuat Produk Ekraf

Published

on

Continue Reading

Headline

Tidak terima Orangtuanya Pisah, Anak Gugat Ibu Kandung Gegara Mobil Fortuner dan Bercerai dengan Ayahnya

Published

on

Continue Reading
Loading...