Connect with us

Politik

Demokrat Minta Negara Tertibkan Kotak Amal

Published

on

Realitarakyat.com – Kelompok teroris Jamaah Islamiya (JI) ternyata menggunakan kotak amal sebagai media mendanai kegiatan terorisme mereka.

Atas hal tersebut, Partai Demokrat (PD) meminta negara menertibkan kotak amal agar tidak disalahgunakan.

“Menurut saya, negara harus tertibkan kotak-kotak amal agar tidak disalahgunakan,” kata Waketum Benny K Harman kepada wartawan, Rabu (2/12/2020).

Anggota Komisi III DPR RI ini menyoroti perlunya sertifikasi hingga badan hukum dari keberadaan dana sosial. Menurutnya, penggunaan dana sosial harus memiliki pertanggungjawaban yang jelas.

“Lembaga-lembaga yang selama ini menghimpun dana dari masyarakat atas nama dana sosial harus diberi sertifikasi, badan hukumnya, tujuan berdirinya, dan penggunaan dana hasil donasi masyarakat harus jelas pertanggungjawabannya,” ujar Benny.

Di sisi lain, Benny menyoroti kebenaran dari informasi mengenai JI yang menyalahgunakan dana kotak amal. Ia mempertanyakan apakah informasi itu hanya stigma semata yang dibentuk aparat kepolisian.

“Makanya, saya tanya, bagaimana tahunya dana amal sosial itu dipakai untuk kepentingan ISIS? Apa ini bukan stigma yang dibangun polisi untuk mobilisasi dukungan terhadap langkah yang polisi lalukan?,” ujar Benny.

Untuk diketahui, sejumlah fakta terungkap seusai penangkapan salah satu aset berharga, Jamaah Islamiyah (JI), Taufik Bulaga alias Upik Lawanga. Polisi menyebut JI atau Jamaah Islamiyah menyalahgunakan dana kotak amal di minimarket untuk kepentingan terorisme.

Polri mendeteksi aliran dana kelompok JI. Dana tersebut berasal dari perseorangan hingga penyalahgunaan dana kotak amal di minimarket.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Guspardi Minta Komisi II Batalkan Pembahasan RUU Pemilu

Published

on

Continue Reading

Headline

Relawan Jokowi Kembali Dapat Jabatan Komisaris di Perusahaan Plat Merah

Published

on

Continue Reading

Politik

NasDem Sebut Pembentukan Tim TP3 Laskar FPI Ada Kepentingan Terselubung Amien Rais

Published

on

Continue Reading
Loading...