Pemerintah Perlu Lakukan Mitigasi Bencana di Indonesia

  • Bagikan
Pemerintah Perlu Lakukan Mitigasi Bencana di Indonesia
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah harus melakukan mitigasi dan penanganan bencana di sejumlah wilayah di Indonesia.
Demikian dikatakan anggota Komisi V DPR RI, Novita Wijayanti kepada wartawan di Jakarta, Selasa (2/12/2020).
Menurutnya, langkah mitigasi menjadi penting dilakukan sebagai upaya mengurangi jumlah korban dan juga penanganan dampak bencana.
“Kami merasakan duka yang dirasakan warga di beberapa daerah yang menjadi korban atau terdampak bencana alam,” kata Novita.
Terlebih, sambung dia, di tengah situasi pandemi Covid-19, yang tentunya penerapan protokol kesehatan harus tetap menjadi prioritas.
“Kami meminta kepada semua pihak terkait (pemerintah) untuk sigap melakukan mitigasi dan penanggulangan bencana, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.
Untuk diketahui, sejumlah gunung berapi menunjukkan peningkatan aktivitasnya beberapa waktu ini, di antaranya adalah Gunung Semeru di Jawa Timur, dan Gunung Ile Lewotolok di NTT.
Selain itu, bencana banjir di Ciemas, Sukabumi; banjir dan longsor di Cilacap, Banyumas, Jawa Tengah, juga di Simalungun, Sumatra Utara; serta daerah rawan bencana longsor dan banjir, seperti di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dan daerah lainnya.
Menanggapi hal itu, Novita meminta supaya pemerintah pusat meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) guna mengoptimalkan kewaspadaan, langkah mitigasi, dan penanganan dampak bencana.
Termasuk, lanjut dia, mengingatkan upaya dalam menyiapkan lokasi pengungsian dan logistik bagi pengungsi.
“Selain gunung yang perlu di waspadai, penanganan alur air atau sungai juga perlu diantisipasi, karena ini juga menjadi salah satu kuncinya,” ucap anggota MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra ini.
Pemerintah daerah yang wilayahnya terjadi bencana atau rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan, dan perkuat koordinasi agar mitigasi dan penanganan bencana dapat dilakukan dengan baik,”pungkas legislator dari Dapil Cilacap-Purwokerto itu.[prs]

  • Bagikan