Connect with us

Headline

Cegah Kluster Sekolah, Universitas Indonesia Gencarkan PHBS Secara Kreati

Published

on

Realitarakyat.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mewacanakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah mulai Januari 2021.

Melihat rencana tersebut berpotensi menciptakan kluster anak sekolah, Universitas Indonesia (UI) sebagai perguruan tinggi yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tri darma, salah satunya pengabdian masyarakat, menyelenggarakan kegiatan kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah penyebaran penyakit menular (Covid-19).

“Fakultas Ilmu Keperawatan UI bekerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Cijantung Jakarta Timur, dan Puskesmas setempat melaksanakan creative learning untuk pencegahan penularan Covid-19 pada anak,” kata penanggungjawab kegiatan, Dr. Imami Nur Rachmawati, S.Kp., MSc, Kamis (3/12/2020).

Imami menyebut, pembelajaran kreatif terkait PHBS perlu dilakukan, mengingat masih minimnya paparan informasi kesehatan pada anak sekolah.

“Anak-anaknya mengumpulkan karya kreatif yang berisi ajakan untuk melakukan PHBS cegah penyakit menular. Sebelumnya mereka mendapat materi dari mahasiswa yang menggunakan media kreatif seperti animasi video. Selanjutnya dipilih yang paling kreatif. Semua anak dapat reward pulsa,” terang Doktor Keperawatan Maternitas ini.

Menurut Imami, pembelajaran kreatif yang menyasar kepada anak sekolah perlu digencarkan. Anak dapat terlibat dan berperan aktif, sehingga mampu mengaplikasikan di kehidupan nyata.

“Teknik ini menstimulus anak berperan aktif, dan menghasilkan karya kreatif untuk mempromosikan PHBS,” ujar dosen FIK UI ini.

Imami mengatakan, program pembelajaran dilakukan secara daring oleh 50 orang anak, ditambah pihak sekolah dan puskesmas.

“Meskipun dilakukan secara daring, antusiasme siswa dalam proses pembelajaran sangat besar dan siswa sangat merasakan manfaat dari adanya program ini. Kegiatan digelar 7 hingga 14 November lalu,” pungkasnya.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Fahri Hamzah Kritik Wakil Rakyat Kurang Keras ke Pemerintah

Published

on

Fahri Hamzah (ist/net)
Continue Reading

Bekasi

Usai Divaksin, Walikota Bekasi Mengaku Lebih Percaya Diri

Published

on

Continue Reading

Daerah

Korban Gempa Sulbar, BNPB: 56 Orang Meninggal Dunia-637 Luka

Published

on

Continue Reading
Loading...