Tindakan Tegas Jokowi Terkait Aksi Benny Wenda Diperlukan untuk Kedaulatan NKRI

  • Bagikan
Tindakan Tegas Jokowi Terkait Aksi Benny Wenda Diperlukan untuk Kedaulatan NKRI
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Partai Demokrat menyayangkan sikap Presiden RI, Joko Widodo yang belum mengeluarkan pernyataan sikap terkait deklarasi pemerintahan sementara Papua Barat oleh Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP) pimpinan Benny Wenda.
Anggota DPR RI, Irwan Fecho menegaskan, tindakan tegas dari Presiden Jokowi diperlukan untuk menegakkan kedaulatan NKRI.
“Tentu saya mendesak keras pemerintah segera menghentikan aksi provokasi tersebut agar masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Papua Barat dapat hidup tenang dan damai tanpa isu-isu liar yang mengancam disintegrasi bangsa,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/12/2020).
Irwan menegaskan, Papua Barat adalah bagian dari NKRI yang sah. Karena itu tidak boleh ada klaim yang diganggu gugat pihak manapun termasuk Benny Wenda.
“Masyarakat Papua Barat menjadi bagian seluruh rakyat Indonesia dan menolak adanya provokasi pemisahan dari negara Indonesia,” tegasnya.
Irwan mendorong pemerintah untuk terus hadirkan pemerataan dan percepatan pembangunan di Papua Barat dan Papua.
“Kemajuan dan kesejahteraan yang berkeadilan di tanah air merupakan jalan persatuan bangsa ini. Itulah sejatinya perwujudan dari nilai-nilai Pancasila,” tandasnya.[prs]

  • Bagikan