Connect with us

Luar Negeri

Ingin Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030, Arab Saudi Minta Dukungan Indonesia

Published

on

ist/net

Realitarakyat.com – Duta Besar Arab Saudi Esam Abid Althagafi mengunjungi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untuk meminta dukungan Indonesia dalam pencalonan tuan rumah Asian Games 2030.

Dalam pertemuan yang dilakukan di Kantor Kemenpora, Kamis, Zainudin menyampaikan bahwa kerja sama keolahragaan antara RI dengan Arab Saudi sudah terbangun cukup lama. Kerja sama yang sudah dibangun itu mempererat hubungan di antara kedua negara tersebut.

“Kerja sama antara Arab Saudi dan Indonesia sudah terbangun cukup lama di berbagai bidang. Tentu banyak hal yang bisa dikembangkan dalam bidang olahraga. Harapan yang disampaikan tentu menjadi pertimbangan kami, mengingat sejarah yang cukup panjang antara hubungan Arab Saudi dengan Indonesia,” kata Zainudin, dalam siaran persnya, Kamis (3/12/2020).

Zainudin melanjutkan, Kemenpora akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian Luar Negeri untuk membahas ketertarikan Arab Saudi menjadi tuan rumah Asian Games 2030. Namun ia menyarankan kepada Dubes Esam untuk melakukan komunikasi dengan pihak Komite Olimpiade Nasional (NOC) Indonesia dan negara-negara Asia lainnya.

“Kami ingin membantu supaya dukungan Arab Saudi semakin bulat. Saya harap juga Arab Saudi melakukan komunikasi dengan negara-negara lain terkait hal ini,” ucapnya.

Sementara itu, Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi menyambut baik pertemuan itu. Dalam pencalonan tuan rumah Asian Games 2030, Arab Saudi berharap dukungan dari Indonesia.

“Oleh karenanya, kiranya Indonesia mendukung Arab Saudi dalam pencalonan ini. Terima kasih juga atas respons cepat (Menpora) sehingga kita bisa bertemu. Kita juga melakukan koordinasi dengan negara lain,” katanya.

Dubes Esam menyampaikan, Arab Saudi memberi perhatian yang besar terhadap dunia olahraga. Oleh karena itu, berharap kerja sama dalam bidang olahraga dapat diperluas.

“Arab Saudi memberi perhatian yang sangat luar biasa dalam perkembangan olahraga. Oleh karenanya, perhatian ini diperluas untuk senantiasa bekerja sama dengan negara sahabat. Kami memutuskan untuk mengajukan untuk menjadi calon tuan rumah Asian Games 2030,” ujarnya.

“Melalui momentum Asian Games ini, kami ingin juga mengenalkan pariwisata di sana. Jika terpilih nantinya, ini juga menjadi bagian dari silaturahmi dari pada atlet, pelatih, ofisial, dan lainnya,” tambah Dubes Esam. (ant/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Australia Cari Info Soal Kematian 23 Warga Norwegia Setelah Disuntik Vaksin Pfizer

Published

on

ilustrasi (ist/net)
Continue Reading

Kesehatan

Maret Nanti, Varian Covid-19 Inggris Bisa Dominasi Amerika

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Amerika Jatuhkan Sanksi ke Perusahaan Iran, China dan UEA

Published

on

Continue Reading
Loading...