Connect with us

Daerah

Kata Kang Emil, Jabar Bakal Alami Krisis Pangan di 2021

Published

on

Realitarakyat.com – Wilayah Jawa Barat diprediksi akan mengalami krisis pangan pada tahun 2021 mendatang. Krisis pangan bisa terjadi jika beberapa negara pengekspor karbohidrat menghentikan kegiatan ekspor pangannya ke Indonesia.

Demikian dikatakan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Jabar di Bandung, Kamis (3/12/2020).

“Ada potensi krisis pangan di tahun depan maka semua pihak harus bersemangat menjadikan pangan sebagai ekonomi baru. Krisis pangan mayoritas kita prediksi dari karbohidrat ya,” ujar Ridwan Kamil

Menurut kang Emil pria ini akrab disapa, salah satu komoditi yang terancam akan mengalami krisis adalah beras.

“Jadi isu beras paling utama itu dengan asumsi jika negara-negara yang biasa mengekspor beras seperti Vietnam, Thailand itu di semester dua untuk menyetop (berubah menjadi) kepentingan dalam negerinya,” kata Kang Emil.

Dia mengatakan, isu tersebut harus diwaspadai bersama-sama. “Nah itulah yang menjadikan kewaspadaan kita,” ujarnya.

Sebagai tindak lanjut dalam penanganan dini, pihaknya akan menyiapkan 20 perusahaan yang berperan sebagai mentor bagi petani individu dan kelompok petani di Jawa Barat. “(Tugasnya) memastikan tidak ada lagi orang bingung menanam dan menjual kemana sehingga terjadi produksi yang dibuang dan ketidaksinkronan sistem,” jelas kang Emil.

“Nah inilah inovasi baru di tanggal 10 Desember itu perusahaan off taker akan menjadi mentor kepada individu, kelompok petani untuk bercocok tanam sesuai dengan kebutuhan pasar yang nantinya kita arahkan untuk krisis pangan tadi,” tukasnya.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Kajati Ukir Sejarah Baru di Provinsi NTT

Published

on

Continue Reading

Daerah

Gubernur Sulbar Apresiasi PLN yang Cepat Pulihkan Listrik Pasca Gempa

Published

on

Continue Reading

Daerah

Operasional Penerbangan di Wilayah Majene Masih Berjalan Normal

Published

on

Continue Reading
Loading...