Kunjungan Spesifik ke Sumut, Politisi Demokrat Soroti Ancaman La Nina Jelang Nataru

  • Bagikan
Kunjungan Spesifik ke Sumut, Politisi Demokrat Soroti Ancaman La Nina Jelang Nataru
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Di penghujung Desember 2020 ini, umat Kristiani akan melaksanakan perayaan Natal, dan seminggu kemudian akan menyambut datangnya tahun baru 2021. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dihadapkan pada pandemi Covid-19 juga potensi ancaman berbagai bencana alam akibat fenomena La Nina.
Untuk itu, saat memimpin tim kunjungan spesifik Komisi V DPR RI ke Sumatera Utara, Jumat (4/12/2020), anggota Komisi V DPR RI Jhony Allen Marbun menekankan kepada para mitra kerja, agar dapat mengantisipasi dengan sebaik-baiknya ancaman meningkatnya kasus pandemi Covid-19 dan juga potensi bencana akibat La Nina.
“Saya kira mereka sudah menyiapkaannya secara baik. Termasuk juga menyangkut hal-hal yang tidak bisa diprediksi seperti (potensi bencana-red) yang telah disampaikan oleh BMKG, Basarnas maupun pihak-pihak terkait,” terang politikus Fraksi Partai Demokrat itu.
Jhoni juga meminta agar dipersiapkan tindakan-tidakan preventif jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
Ia melanjutkan, protokol kesehatan saat ini sudah menjadi standar operasional prosedur (SOP) yang utama dan harus ditegakkan tanpa pandang bulu baik itu di terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata maupun tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.
Dirinya menilai, meskipun ada lonjakan penumpang, namun persentasenya tidak akan sebesar Tahun 2019 atau saat sebelum pandemi. Dan itu tetap harus diantisipasi.
Politisi dapil Sumatera Utara II ini berpendapat, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerumunan adalah dengan memberlakukan penjualan tiket secara online.
Ia meminta agar secepatnya dipersiapkan perangkat pendukung agar segera penjualan tiket secara online bisa segera diterapkan. “Nataru ini saya minta ASDP khususnya kawasan Danau Toba, di samping manual, supaya ada penjualan tiket online-nya, serta tepat waktu dalam keberangkatan kapalnya,” pinta Jhoni.
Kemudian terkait antisipasi bencana sebagai dampak dari fenomena La Nina, ia meminta kepada para mitra kerja terkait agar menempatkan posko-posko yang berdekatan dengan daerah rawan bencana. Sehingga mempermudah akses dalam memberikan bantuan jika terjadi bencana yang tidak diinginkan. “Supaya disesuaikan di titik-titik yang ada kejadian-kejadian longsor atau banjir, supaya mereka menggeser posko-posko mendekat ke daerah yang rawan bencana,” pungkasnya.
Kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI dalam rangka meninjau kesiapan Infrastruktur dan transportasi angkutan menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ke Sumatera Utara ini juga diikuti oleh Anggota Komisi V Bambang Suryadi, Bob Andika Mamana Sitepu dan Irmadi Lubis (F-PDI Perjuangan), Hamka Baco Kady (F-Golkar), Tamanuri (F-NasDem), Ruslan M. Daud, Irmawan, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz (F-PKB), Ahmad Syaikhu dan Syahrul Aidi Maazat (F-PKS) serta Hanna Gayatri (F-PAN). (ndi)

  • Bagikan