PDIP Minta Rizieq Kooperatif dan Tak Posisikan Diri di Atas Negara

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Politikus PDIP Arteria Dahlan meminta pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk bersikap kooperatif dan menghormati seluruh proses hukum yang sedang berjalan.
Menurutnya, Rizieq tidak boleh memposisikan diri di atas negara atau kekuasan negara.
“Sebagai warga negara yang baik sebaiknya kita hormati saja proses penegakan hukum yang sedang dilakukan oleh Polda Metro Jaya. MRS [Muhammad Rizieq Shihab] sebaiknya menghormati jalannya proses penegakan hukum, kooperatif dan menghadiri setiap panggilan kepolisian,” kata Arteria saat dihubungi, Jumat (11/12/2020).
“Jangan sampai beliau menempatkan dirinya di atas negara ataupun kekuasaan negara,” imbuhnya.
Anggota Komisi III DPR RI ini berpendapat langkah polisi menetapkan Rizieq sebagai tersangka dalam kasus kerumunan di Petamburan dan Tebet, Jakarta, sebagai hal yang wajar.
“Saya yakin kok giat penegakan hukum mereka profesional, proporsional, dan humanis. Penetapan tersangka dan perintah penangkapan ini kan bukan tiba-tiba, akan tetapi melalui proses criminal justice system yang proper,” ucap Arteria.
Berangkat dari itu, ia meminta seluruh elemen masyarakat bersabar, menahan diri, serta memberikan ruang dan dukungan bagi Polri untuk bekerja dengan baik.
“Saya pribadi mewakafkan diri untuk mengawal dan memastikan due process of law-nya berjalan prosedural, cermat dan penuh kehati-hatian,” tukasnya.[prs]

  • Bagikan