Connect with us

Headline

Ini Klarifikasi Menag Gus Yaqut soal Afirmasi Hak Beragama Syiah dan Ahmadiyah

Published

on

Realitarakyat.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut tidak pernah menyatakan akan memberikan perlindungan khusus kepada kelompok Syiah dan Ahmadiyah.

Menurutnya sebagai Menag harus melindungi setiap warga negara.

“Tidak ada pernyataan saya melindungi organisasi atau kelompok Syiah dan Ahmadiyah.Sikap saya sebagai Menteri Agama melindungi mereka sebagai warga negara,” katanya di Jakarta, Jumat (25/12/2020).

Dia menegaskan bahwa setiap warga negara Indonesia berhak mendapat perlindungan hukum. Sebagai warga negara, orang-orang Ahmadiyah dan Syiah pun tidak dikecualikan dalam hal perlindungan hukum itu.

“Sekali lagi, sebagai warga negara, bukan jemaah Syiah dan Ahmadiyah, karena semua warga negara sama di mata hukum. Ini harus clear,” kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

Terkait toleransi antarumat beragama, Gus Yaqut mengatakan bahwa Kementerian Agama siap menjadi mediator jika ada kelompok tertentu bermasalah dengan dua kelompok tersebut.

“Perlu dialog lebih intensif untuk menjembatani perbedaan. Kemenag akan memfasilitasi,” kata mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini.

Sebelumnya, Yaqut Cholil Qoumas berencana melakukan afirmasi hak beragama warga Syiah dan Ahmadiyah di Indonesia.

Menurutnya, tidak boleh ada kelompok beragama minoritas yang terusir dari kampung halaman mereka karena perbedaan keyakinan. Mereka juga warga negara yang harus dilindungi.(Din)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Komisi IV DPR Minta Dengan Tegas Agar Mentan Tunda Program Desa Sapi

Published

on

Continue Reading

Headline

Waka MPR RI Lestari : Perlu Langkah Bersama Hadapi Ancaman Ledakan Penyebaran Covid-19

Published

on

Continue Reading

Headline

HNW Dukung Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang

Published

on

Continue Reading
Loading...