Dorna Beri Tenggat Hingga Juni ke Indonesia Untuk Kesiapan Sirkuit Mandalika Gelar MotoGP 2021

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Nasib Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2021 di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, masih belum menggambarkan kepastian.
Dorna Sport selaku operator balap MotoGP pun memberi tenggat waktu sampai Juni tahun ini. CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, juga terus memantau progres pembangunan sirkuit Mandalika.
“Orang Indonesia harus memberi tahu kami pada bulan Juni (2021) apakah mereka dapat mengadakan Grand Prix di musim gugur,” kata Ezpeleta dikutip Speedweek, Jumat (1/1/2021).
Dorna berpesan agar Indonesia memperhatikan tiga hal dalam mempersiapkan fasilitas balapan. Tiga hal tersebut adalah konstruksi lintasan, homologasi, dan pengujian.
MotoGP sendiri cukup optimistis menggelar balapan di Mandalika. Pasalnya, sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 1.035 hektar itu masuk dalam kalender balap MotoGP 2021.
Diketahui, Indonesia masih bekerja keras mempersiapkan diri jadi tuan rumah MotoGP Mandalika 2021. Sampai saat ini, proses pengerjaan sirkuit yang berlokasi di Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) masih terus dikebut.
Belum lama ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menegaskan bahwa rencana menggelar balapan MotoGP di Indonesia masih sesuai koridor. Menpora Zainudin Amali menyebut race di Mandalika masih terjadwal untuk bulan November tahun ini.
“MotoGP itu masih tetap terjadwal pada November 2021. Akan tetapi, itu juga tergantung dari Dorna sebagai penyelenggara MotoGP,” kata Zainudin Amali.
Akhir tahun lalu Dorna merilis daftar 20 seri yang akan dimainkan pada MotoGP 2021. Selain MotoGP Indonesia, MotoGP Portugal dan MotoGP Rusia juga masuk dalam daftar tunggu untuk kalender 2021.[prs]

  • Bagikan